Unik: Pohon Pisang Ini Berbuah Seribu Biji dengan Panjang Tandan Lebih 2,5 Meter

Sasmiraza, telisik indonesia
Minggu, 23 Januari 2022
0 dilihat
Unik: Pohon Pisang Ini Berbuah Seribu Biji dengan Panjang Tandan Lebih 2,5 Meter
Pohon pisang seribu biji. Foto: Repro Tribunnews.com

" Terlalu banyaknya buah pisang, tandannya memanjang hingga hampir menyentuh tanah "

SUMATERA UTARA, TELISIK.ID - Pohon pisang yang ditanam di pekarangan rumah warga di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, menghadirkan buah yang aneh dan unik.

Pasalnya, dikutip dari Liputan6.com, dalam satu tandan muncul seribu biji buah pisang. Akibat terlalu banyaknya buah pisang, tandannya memanjang hingga hampir menyentuh tanah.

Pemilik pohon pisang, Masrifoh mengaku heran, karena tak menyangka pisang yang ditanamnya setahun lalu kini berbuah hampir seribu buah dalam satu tandan.

Apabila dilihat sekilas, pohon pisang milik Masrifoh ini tidak ada bedanya dengan pohon pisang pada umumnya. Namun ketika dilihat dari dekat, barulah terlihat keunikannya.

Pohon pisang ini berbuah dengan satu tandan berisi ribuan pisang. Panjang tandan pisang lebih dari 2,5 meter, dengan jantung pisang yang hampir menjangkau tanah. Julukan pisang seribu pun biasa dilekatkan pada pisang yang berbuah unik ini.

"Saya tidak menyangka, bahwa pisang yang saya tanam setahun lalu akan menghasilkan buah sebanyak ini," ujar Masrifoh.

Jenis pisangnya juga tak diketahui oleh ibu pemilik pohon pisang tersebut. Namun oleh temannya yang memberikan bibit pisang hanya berpesan bahwa pisang ini bisa dimakan jika sudah matang.

Baca Juga: Ternyata Singapura Pernah Ingin Sewa Kepulauan Riau Selama 100 Tahun, Ini Alasannya

Karena menganggap suatu keberkahan, Masrifoh berniat membagi-bagikan hasil buah pisangnya kepada warga sekitar secara gratis, tentunya pembagian pisang gratis ini akan dilakukan jika seluruh pisang matang sempurna.

Hal yang sama juga terjadi di Desa Suranadi, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat.

Melansir Kompas.com, pemilik pohon pisang tersebut, Risma, mendapatkan bibit pisang itu dari menantunya. Bibitnya diperoleh dari pohon pisang yang juga memiliki tandan panjang dan berbuah banyak.

Baca Juga: Jadi Koruptor Termuda, Begini Kronologi Nur Afifah Balqis ditangkap KPK

Warga menganggap pohon pisang seribu ini langka karena jarang ditemui.

Karena keunikannya, banyak warga berdatangan untuk sekedar berfoto dan meminta bibit pisang seribu ini untuk ditanam. (C)

Reporter: Sasmiraza

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga