Kota Kendari Dapat Bantuan PCR Buatan Korea

Sumarlin, telisik indonesia
Jumat, 06 Agustus 2021
0 dilihat
Kota Kendari Dapat Bantuan PCR Buatan Korea
Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menerima bantuan PCR dari PT. langit Pandu Anugerah. Foto: Sumarlin/Telisik

" Saat ini angka kasus positif masih berada di atas angka 1000 "

KENDARI, TELISIK.ID - Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, menerima bantuan mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) dari sebuah Vendor Perusahan PCR bernama Mico Biomed yang diproduksi di Negara Korea.

Penyerahan bantuan ini dilakukan di rumah jabatan (Rujab) wali kota Kendari, Jumat (6/8/2021).

Sulkarnain mengaku, bantuan yang diberikan melalui PT Langit Pandu Anugerah, sangat tepat karena saat ini kondisi Kota Kendari masih berada di puncak penyebaran COVID-19.

Dimana, kata dia, saat ini angka kasus positif masih berada di atas angka 1000.

"Terimakasih bantuan ini, luar biasa saat ini sedang butuh, karena kondisi pasien positif masih di atas seribu," ujarnya.

Wali Kota Kendari juga mengharapkan kerjasama ini bisa terus berlanjut, karena alat tersebut butuh maintenance. Namun, tidak hanya alat PCR, tapi juga bantuan lain yang bisa digunakan warga untuk menangani COVID-19.

PCR berukuran kecil ini akan diserahkan kepada Rumah Sakit Kota Kendari untuk digunakan, namun tentunya dilengkapi dengan administrasi termasuk SOP penggunaannya.

Sementara itu, Direktur Operasional PT Langit Pandu Anugerah, selaku Vendor Mesin PCR Mico Biomed ini, Agus C. Wirawan menjelaskan, mesin PCR ini lebih kecil dari mesin PCR umumnya, namun sangat membantu pemeriksaan cepat, sebab prosesnya hanya memakan waktu sekira 2 jam 25 menit, hasilnya sudah terlihat.

"Mesin PCR ini sebenarnya kapasitas sebanyak 16 testing, tapi karena control negatif dan control positif, jadi cuman untuk 14 testing yang dapat kita lakukan," jelasnya.

Dia menambahkan, bantuan ini murni dari swasta, karena sebelumnya mereka adalah vendor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang menangani hibah. Namun karena saat ini, BNPB tidak lagi menangani bantuan hibah, sehingga mereka yang langsung mengambil peran.

Saat ini PT Langit Pandu Anugerah sudah membantu PCR pada delapan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Provinsi Jawa Timur (Jatim), satu Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Dadi di Makassar,m.

Kemudian juga di Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Indonesia (UI) di Salemba Jakarta Pusat, Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung Jawa Barat, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Pelabuhan Ratu, dan di Wisma Atlit Jakarta.

Baca Juga: Vaksin COVID-19 Ibarat Payung di Tengah Hujan

Baca Juga: 441 Warga Nambo Dapat Bantuan Sosial Pangan

"RSUD Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang paling Timur," tutupnya.

Terkait penggunaan alat ini, Direktur RSUD Kota Kendari Sukirman mengaku, segera melengkapi administrasi berupa SOP penggunaan alat ini, termasuk menyediakan tenaga teknis yang akan mengoperasikan alat itu.

"Kami sudah ada tenaga teknis yang akan mengoperasikan, tapi kalau dibutuhkan untuk pelatihan kita siap berangkatkan petugas untuk training di Makassar sesuai usulan pemilik alat," katanya.

Bantuan PCR yang diberikan untuk RSUD Kota Kendari terdiri dari 20 item barang termasuk satu unit laptop. (A-Adv)

Reporter : Sumarlin

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga