Mengolah Sampah di Rumah, Bentuk Peduli Lingkungan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 20 Januari 2021
0 dilihat
Mengolah Sampah di Rumah, Bentuk Peduli Lingkungan
Memilah sampah organik dan anorganik di pekarangan rumah. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Banyak cara yang bisa dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Mulai dari membuang sampah pada tempatnya hingga mengolah sampah menjadi barang yang bernilai ekonomis, sehingga dapat dimanfaatkan kembali. "

KENDARI, TELISIK.ID – Banyak cara yang bisa dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Mulai dari membuang sampah pada tempatnya hingga mengolah sampah menjadi barang yang bernilai ekonomis, sehingga dapat dimanfaatkan kembali.

Ketua pengurus Bank Sampah Al Faizin, Hj. Yummi, S.Pd, M.Pd mengatakan, kepedulian terhadap lingkungan ini merupakan target yang harus dilakukan oleh masyarakat, minimal dengan memilah sampah sejak dari rumah.

“Jadi yang jelas untuk kepedulian lingkungan merupakan salah satu target yang harus kita lakukan dengan pemilahan sampah. Kalaupun kita tidak bisa daur ulang, minimal di rumah itu kita sudah bisa memilah sampah. Mana sampah yang bisa dibawa ke tempat sampah dan mana sampah yang bisa dimanfaatkan kembali,” katanya kepada Telisik.id, belum lama ini.

Baca juga: Yuk, Manfaatkan Sampah Botol Plastik Jadi Tempat Menanam Sayur dan Bunga

Baca juga: PPKM Mikro di Kendari Berakhir Hari Ini, Stop Atau Lanjut Lagi?

“Dari sampah yang sudah kita kumpulkan itu, kalaupun kita tidak mau jual dan bawa ke bank sampah, minimal bisa dimanfaatkan di rumah. Jadi itu sebenarnya sehingga penting mengolah sampah ini,” sambungnya.

Kepala Seksi (Kasi) Pengurangan Sampah dan Limbah B3 DLHK Kendari, Sainul Latief mengatakan, kebanyakan sampah dihasilkan dari rumah tangga. Maka wajar saja kalau seringkali sampah berserakan terjadi di lingkungan tempat tinggal masyarakat.

“Rata-rata penghasil sampah terbesar itu dari rumah tangga. Makanya kami berharap ibu rumah tangga sebelum membuang sampah ke TPS atau bak sampah dari awal bisa menyediakan dua kantong yang berbeda, untuk sampah organik dan sampah anorganik,” katanya. (B-Adv)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga