Upaya Pemerintah Atasi Masalah Peternak di Kabupaten Bombana

Melsandy Wauda, telisik indonesia
Kamis, 09 November 2023
0 dilihat
Upaya Pemerintah Atasi Masalah Peternak di Kabupaten Bombana
Rapat koordinasi bersama Pemda Bombana bersama Forum Komunitas Peternak Rumbia. Foto: Melsandy Wauda/Telisik

" Guna mengatasi dan menyelesaikan persoalan yang dihadapi oleh para peternak, Forum Komunitas Peternak Rumbia mengadakan rapat koordinasi di Kantor Kecamatan Rumbia Tengah, Kabupaten Bombana "

BOMBANA, TELISIK.ID - Guna mengatasi dan menyelesaikan persoalan yang dihadapi oleh para peternak, Forum Komunitas Peternak Rumbia mengadakan rapat koordinasi di Kantor Kecamatan Rumbia Tengah, Kabupaten Bombana, Kamis (9/11/2023).

Dalam dialog bersama dengan komunitas peternak, pemerintah daerah dan jajarannya turun langsung dalam menangani keluhan dari para peternak sapi.

Para peternak mengeluhkan hal-hal seperti peracunan terhadap ternak, penangkapan ternak yang dilakukan oleh pihak yang tidak berwenang, masalah denda atau pembayaran yang di luar anggaran, ganti rugi ternak yang ditangkap.

Baca Juga: Pulau Kabaena Bombana Akhirnya Nikmati Listrik 24 Jam Setelah Puluhan Tahun Indonesia Merdeka

"Kami mohon supaya para petani bekerjasama dalam pengadaan pagar," himbau Hayan salah seorang anggota komunitas peternak.

Pemerintah memberikan jalan keluar mengenai keluhan-keluhan yang masyarakat sampaikan, yaitu pembuatan pagar agar supaya ternak bisa dikontrol dan juga bisa dikembangbiakan dengan baik.

"Ini adalah potensi usaha yang besar dan bisa membantu inflasi menjadi flat. Jika kita menggabungkan sapi kita semua, maka banyak yang bisa dimanfaatkan dan bisa menjadi hubungan saling menguntungkan antara peternak dan petani," ungkap Penjabat (Pj) Bupati Bombana, Burhanuddin.

Rapat koordinasi ini difasilitasi oleh Camat Rumbia Tengah untuk meminta solusi dari Pemda Bombana, terkait masalah yang dihadapi masyarakat khususnya peternak sapi.

"Sehingga antara peternak dan petani ada saling pengertian dan memahami, sehingga keduanya bisa kooperatif," ungkap Camat Rumbia, Andi.

Salah satu cara yang paling efektif adalah sapi-sapi yang ada di daerah Bombana khususnya Rumbia, harus dikandang.

Baca Juga: Penuhi Kebutuhan Informasi Publik Warga Bombana, Layanan Terintegrasi dan Efektif Segera Diterapkan

Dengan adanya peternakan sapi yang kontrol ini bisa menjadi salah satu cara untuk mendukung program penataan kota dan desa, di mana Kecamatan Rumbia ini adalah Ibu kota di daerah Bombana.

"Rumbia ini ibaratnya sebagai ruang tamu. Sebagaimana ruang tamu, maka saya ingin ruang tamu saya ini bersih," tambah Burhanuddin.

Ketua Komunitas Peternak, Suha dalam sambutanya sangat berterimakasih kepada pemerintah yang mau menghadiri undangan tersebut. (A)

Penulis: Melsandy Wauda

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga