UPT Perpustakaan UHO Tingkatkan Pengelolaan Perpustakaan

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Kamis, 27 Juli 2023
0 dilihat
UPT Perpustakaan UHO Tingkatkan Pengelolaan Perpustakaan
UPT Perpustakaan UHO gelar pelatihan klasifikasi bahan pustaka kepada pustakawan dan pengelola rumah baca masing-masing unit yang ada di UHO dan IAIN Kendari. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

" Guna meningkatkan pengelolaan perpustakaan, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, menggelar pelatihan klasifikasi bahan pustaka kepada pustakawan dan pengelola rumah baca masing-masing unit yang ada di UHO, dan berkolaborasi bersama UPT Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) "

KENDARI, TELISIK.ID - Guna meningkatkan pengelolaan perpustakaan, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, menggelar pelatihan klasifikasi bahan pustaka kepada pustakawan dan pengelola rumah baca masing-masing unit yang ada di UHO, dan berkolaborasi bersama UPT Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Pelatihan itu dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UHO, dengan peserta dari pengelola perpustakaan di semua fakuktas di UHO dan perwakilan dari perpustakaan IAIN Kendari.

Wakil Rektor Bidang Akademik UHO, La Hamimu mengatakan, klasifikasi bahan pustaka sangat penting, karena jika dilakukan tidak sesuai dengan standar yang sudah dibuat itu bisa menyulitkan pembaca.

Baca Juga: IAIN Kendari Wisuda 626 Mahasiswa, Rektor Tawarkan 3 Pilihan

"Misalnya, ketika seseorang mencari buku tetapi dalam rak buku tersebut terdapat banyak judul, orang tersebut akan membingungkan," ujar Hamimu, Kamis (27/6/2023).

Peserta pelatihan dari UHO dan IAIN Kendari dalam pelatihan klasifikasi bahan pustaka. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

 

Ia juga berharap, agar latihan tersebut dapat bermanfaat dan tentunya dapat meningkatkan kualitas di perpustakaan UHO dan IAIN. Perpustakaan UHO dan IAIN memiliki kerjasama oleh karena itu pelatihan kali ini melibatkan dari IAIN juga.

Sementara itu, Kepala UPT Perpustakaan UHO, Muhammad Alim Marhadi mengungkapkan, pelatihan klasifikasi bahan pustaka sudah dimulai sejak tahun lalu. Tetapi ternyata di staf perpustakaan itu hanya ada 6 dari 34 orang yang mampu melakukan klasifikasi. Oleh karena itu, pihaknya kembali menggelar kegiatan itu dengan melibatkan peserta dari IAIN Kendari.

Baca Juga: Menag Lantik Enam Rektor Baru PTKN, Termasuk IAIN Kendari

"Pelatihan klasifikasi bahan pustaka ini menghadirkan beberapa narasumber yang memang berkompeten di bidang perpustakaan. Setelah kegiatan ini para peserta diharapkan mampu melakukan klasifikasi buku sesuai dengan judul dan lain sebagainya," ujar Alim Marhadi.

Ia menambahkan, pihaknya akan berupaya untuk meningkatkan layanan di UPT Perpustakaan UHO dan diharapkan bagi peserta dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya. (B-Adv)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga