Usai Ikuti Pertemuan Parpol Koalisi Pemerintah, Zulkifli Hasan Didorong Maju Pilpres

M Risman Amin Boti, telisik indonesia
Rabu, 01 September 2021
0 dilihat
Usai Ikuti Pertemuan Parpol Koalisi Pemerintah, Zulkifli Hasan Didorong Maju Pilpres
Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan saat Rakernas PAN. Foto: Repro Viva.co.id

" Zulkifli Hasan, didorong maju dalam pemilihan presiden pada Pemilu 2024 mendatang. "

JAKARTA, TELISIK.ID – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan (Zulhas), didorong maju dalam pemilihan presiden (Pilpres) pada Pemilu 2024 mendatang.

Usulan tersebut melalui Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PAN. Para keder partai berlambang matahari ini, menilai Zulhas sapaan akrabnya, dengan berbagai pengalaman dapat diusung menjadi capres/cawapres.

Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi mengatakan, mayoritas peserta Rakernas yang digelar secara virtual pada Selasa (31/8/2021) kemarin, masih mengusung Zulhas pada pemilu nanti.

“Memang benar bahwa di Rakernas sebagian besar ketua DPW seluruh Indonesia mengusulkan Bang Zul maju dalam pencalonan di Pilpres 2024," kata Viva kepada awak media di Jakarta, Rabu (1/9/2021).

Namun, menurut dia, salah satu rekomendasi Rakernas II PAN adalah memberikan kewenangan penuh kepada Ketua Umum PAN, untuk memutuskan langkah-langkah strategis dalam penentuan pasangan capres/cawapres pada Pemilu 2024.

Baca juga: Usai Dilantik, Bupati-Wabup Muna Wajib Sampaikan Visi Misi di DPRD

Baca juga: Sahabat Ganjar Deklarasi Capres di Kendari, PDIP Sultra Tunggu Instruksi DPP

Viva Yoga menambahkan, Rakernas tersebut juga menyetujui PAN berada pada posisi partai koalisi pemerintah dalam rangka perjuangan politik.

"Rakernas menyetujui PAN berada di posisi partai koalisi pemerintah dalam rangka perjuangan politik untuk membawa kebaikan dan memberi manfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara," ujarnya.

Lebih lanjut, Viva menjelaskan, para kader sudah memposisikan Zulhas sebagai figur level nasional yang memiliki integritas dan kapasitas yang cukup untuk maju sebagai capres. Zulhas pun memiliki pengalaman di eksekutif.

"Sehingga memiliki persyaratan yang memadai untuk dimajukan di Pilpres 2024," kata Viva.

Meski demikian, keputusan mengusung tokoh sebagai capres akan ditetapkan di kemudian hari atas dasar waktu pelaksanaan Pilpres 2024 yang masih lama.

Diketahui, PAN menjadi bagian pemerintahan Jokowi-Ma’aruf setelah terlihat mengikuti pertemuan parpol koalisi pendukung pemerintah yang di hadiri langsung Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, belum lama ini. (C)

Reporter: M. Risman Amin Boti

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga