KPU Buton Tetapkan 25 Caleg DPRD Buton Terpilih

Febriyani, telisik indonesia
Kamis, 02 Mei 2024
0 dilihat
KPU Buton Tetapkan 25 Caleg DPRD Buton Terpilih
KPUD Buton gelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon anggota DPRD Buton terpilih, digedungserba guna Wakaka. Foto: Febriyani/Telisik

" Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton menggelar Rapat Pleno Terbuka penetapan perolehan kursi dan calon anggota DPRD Buton dalam Pemilu 2024 di Gedung Serba Guna Wakaka "

BUTON, TELISIK.ID — Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Kabupaten Buton menggelar Rapat Pleno Terbuka penetapan perolehan kursi dan calon anggota DPRD Buton dalam Pemilu 2024 di Gedung Serba Guna Wakaka, Kamis (2/5/2024).

Rapat pleno tersebut dihadiri Bupati Buton Diwakili Asisten 1 Setda Buton, Forkopimda, ketua DPRD Buton, pimpinan parpol, kepala Kesbangpol, Kasat Pol PP.

Ketua KPUD Buton, Rahmatia menyampaikan atas nama keluarga besar KPUD Buton bersujud syukur bisa melaksanakan rapat pleno berdasarkan putusan MK.

“Kami bersyukur KPUD Buton tidak ada sengketa di MK sehingga dilaksanakan rapat pleno terbuka hari ini," ujar Ketua KPUD Buton.

Kata dia, se-Indonesia yang tidak memiliki sengketa saat Pilceleg lalu dapat menggelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih.

Baca Juga: PKB Kolaka Utara Dorong Kader Maju jadi Balon Kepala Daerah

“Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat mulai dari Polres, TNI, BIN, Bawaslu yang telah memback up dan mendampingi. Ini menjadi tanggung jawab kita semua,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pimpinan Parpol, LO, Operator selama 20 bulan bersama-sama melaksanalan proses tahapan hingga pelaksanaan Pilcaleg.

“Kami selama ini di awasi Bawaslu dan hari ini menetapkan 25 calon. Apa yang kami tetapkan benar – benar bisa kami pertanggungjawaban di hadapan publik dan di hadapan Tuhan yang Maha Esa,” tandasnya.

Untuk kepastian hukum bagi calon terpilih, maka pihaknya menggelar rapat pleno terbuka tanggal 2 Mei ini, batas terakhir.

“Selamat kepada semua calon yang telah berkompetisi dan terpilih,” ujarnya.

Adapun khusus kepada Pemda Buton, lanjut dia, untuk menghadapi Pilkada khususnya KTP menjadi masalah besar dengan regulasi kurang singkron dengan Dukcapil.

Tahapan Pilkada setelah penetapan anggota DPRD Buton ini pihaknya akan bergerak lebih cepat menghadapi Pilkada dan KPUD Buton butuh sinergi kembali.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Buton, Maman mengungkapkan, apa yang ditetapkan KPU sudah sesuai dengan peraturan peundang - undangan yang berlaku.

"Allhamdulillah semua proses telah berjalan dengan baik, dan apa yang ditetapkan itu hasil yang valid, selamat untuk para calon anggota DPRD yang terpilih," katanya.

Berikut Daftar nama calon terpilih:

Dapil 1, Alokasi 11 kursi

Nama Calon terpilih

1. Surfin 836 (Partai Kebangkitan bangsa)

2. Rahman Pua SE 565 (Gerindra)

3. Farid Bachmid 1391 (PDIP)

4. Delja Montomalo 1319 (Golkar)

5. Yuliadin 1204 (Golkar)

6. Dudi Iskandar 1319 (Nasdem)

7. La Madi S.Sos 673 (PKS)

8. La Ode Mahilu 934 (PAN)

9. Rudini Nge 1603 (Demokrat)

10. Adison 739 (Perindo)

11. Mariono 1325 (PPP)

Dapil 2

Alokasi 6 Kursi

1. Burhanudin 1182 (gerindra)

2. WA ode Nurnia 1872 (Golkar)

3. Hj Sufiani 1019 (Nasdem)

4. La Subu 786 (PKS)

Baca Juga: Lukman Abunawas Bocorkan Parpol Koalisi Maju di Pilgub Sulawesi Tenggara

5. Hasni 1448 (PAN)

6. Rudin 934 (Demokrat).

Dapil 3

Alokasi 8 Kursi

1. Hanafi 1191 (PKB)

2. Nuryakin ( PDIP)

3. MARA rusli sihaji 427 Golkar

4. Laode Jaenudin 709 PKS

5. Laode Sarfan 1280 PLN

6. Lusty Shile La Kuwi 1028 (PAN)

7. Sumarlin 1056 (Demokrat)

8. Rahman 531 (PPP). (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga