Vaksinasi di Polres Konawe Mulai Pakai Vaksin Merek AstraZeneca

Muhamad Surya Putra, telisik indonesia
Senin, 29 Maret 2021
0 dilihat
Vaksinasi di Polres Konawe Mulai Pakai Vaksin Merek AstraZeneca
Salah satu anggota Polres Konawe saat divaksin. Foto: Ist.

" Vaksinnya ini pengadaan dari Polda Sultra. "

KONAWE, TELISIK.ID - Personel kepolisian resor (Polres) Konawe diwajibkan mengikuti program vaksinasi, sesuai arahan pemerintah pusat.

Kapolres Konawe AKBP Yudi Kristanto SIK menginstruksikan jajarannya hingga ke tingkat polsek, agar menjalani proses penyuntikan vaksin oleh pihak medis.

Penyuntikan vaksin tersebut dimaksudkan agar semua personel Polres bisa terbebas dari penularan COVID-19.

"Dengan tagline respon vaksinasi dari Sultra untuk NKRI, mewajibkan anggota Polri termasuk Polres Konawe supaya semuanya divaksin," ungkap Yudi.

Sementara itu, Paur Kes Bag Sumda Polres Konawe Aipda Syafruddin, menjelaskan, suntik vaksin di Polres Konawe ditargetkan menyasar 390 personel.

Jumlah personel yang telah menerima suntikan tahap pertama yakni 332 orang. 58 personel kepolisian lainnya, telah dijadwalkan pula menerima suntikan vaksin serupa.

"Tadi sudah dilaksanakan ke beberapa anggota. Tapi ada yang ditunda karena masalah kesehatan saat discreening. Misalnya diabetes, tekanan darah tinggi, serta polwan yang lagi menyusui.

"Vaksinnya ini pengadaan dari Polda Sultra," singkatnya.

Ia menambahkan, ada dua jenis vaksin yang digunakan saat giat vaksinasi di aula Mapolres setempat. Selain vaksin COVID-19 merek Sinovac, pihak medis juga menyuntikkan vaksin jenis baru bermerek AstraZeneca.

Baca Juga: 16 Kios di Pasar Laino Tetap akan Dibongkar

"Baru beberapa orang yang sudah disuntik vaksin AstraZeneca untuk tahap awal ini. Tahap duanya itu jaraknya 8 minggu sesuai anjuran medis," ucapnya.

Sementara itu, Koordinator Piket Vaksinasi COVID-19 Dinas Kesehatan (Dinkes) Konawe, Wiwin SST MKes, menyebut, meski masih ada beberapa personel Polres Konawe yang belum divaksin lantaran kendala medis, secara umum vaksinasi tahap pertama di Polres Konawe sudah dianggap selesai.

"Vaksin Sinovac ini juga ada batas kadaluwarsa. Makanya ada tambahan dari jenis vaksin baru merk AstraZeneca. Kita sudah suntikkan tadi kepada 11 personel Polres Konawe.

Jeda waktu penyuntikkan vaksin yakni 2 bulan, beda dengan Sinovac yang hanya 14 hari. (B)

Reporter: Muh. Surya Putra

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga