Warga Masalembu Jawa Tengah Madura Krisis Listrik

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Kamis, 05 Januari 2023
0 dilihat
Warga Masalembu Jawa Tengah Madura Krisis Listrik
Warga Masalembu Madura wadul ke DPRD Jawa Timur terkait krisis listrik berkepanjangan. Mereka berharap agar pemerintah merealisasi listrik di daerahnya. Foto: Try Wahyudi Ari Setyawan/Telisik

" Puluhan warga yang mengatas namakan Asosiasi Masyarakat Masalembu kabupaten Sumenep Madura datang ke DPRD Jawa Timur, Kamis (5/1/2023) "

SURABAYA, TELISIK.ID - Puluhan warga yang mengatas namakan Asosiasi Masyarakat Masalembu kabupaten Sumenep Madura datang ke DPRD Jawa Timur, Kamis (5/1/2023).

Kedatangan mereka ingin mendorong pihak legislatif membantu untuk menyambungkan komunikasi dengan pihak PLN, mengingat hingga saat ini warga Kepulauan Masalembu di Madura krisis listrik.

Menurut koordinator Masyarakat Masalembu, Ahmad Jauhari, pihaknya berharap kepada pemerintah untuk membantu pemenuhan listrik bagi warga Masalembu Madura.

"Sebenarnya pihak PLN akan membangun PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) di Masalembu. Namun, sampai sekarang mulai tahun 2019 tak kunjung dibangun," jelasnya.

Baca Juga: Puluhan Pasangan di Kolaka Utara Ajukan Dispensasi Nikah Dini

Jauhari mengatakan, masyarakat Masalembu sangat membutuhkan listrik karena bisa menopang perekonomian masyarakat di sana.

"Selama ini masyarakat selalu menggunakan diesel untuk pemenuhan listrik. Namun, hal tersebut tidak bisa berjalan maksimal karena keterbatasan mesin diesel," jelasnya.

Sementara itu, anggota DPRD Jawa Timur, Martin Hamonangan mengatakan, sejak tahun 2019, pihak PLN sudah akan membangun PLTS di Masalembu, namun terbentur akan pembebasan lahan.

"Pembebasan lahan di sana ada persoalan yang harus diselesaikan, hingga akhirnya pembangunan PLTS tak kunjung direalisasi," jelas politisi PDIP ini.

Martin mengatakan, pihaknya akan memanggilkan pihak-pihak terkait untuk mencari penyelesaian krisis listrik di Masalembu.

Baca Juga: Empat Kendaraan Operasional untuk Peningkatan Pelayanan Masyarakat

"Untuk pengadaan PLTS tersebut, kalau bisa dianggarkan di tahun 2023, maka pihaknya mendorong untuk dilakukan pengadaannya untuk penyelesaian lahan untuk pendirian PLTS," terangnya.

PLN Jawa Timur telah melakukan pembangunan 16 PLTS di 16 pulau di Jawa Timur.

Di antaranya di Pulau Bulumanuk, Bunginnyarat, Gili Labak, Karamian, Pajangan, Sadulang Kecil, Sapapan, Saredeng Besar, Saredeng Kecil, Saseel, Saur, Sepangkur Kecil, Talango Air, Talango Tengah, Kalosot, dan Sitabok. Pembangunan 16 PLTS tersebut dapat menghasilkan total daya sebesar 975 KWp. Namun, sayangnya pembangunan tersebut tak menyentuh warga Kepulauan Masalembu Madura. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga