Verifikasi Penerima Bansos Lewat Aplikasi Siks Mobile Terkendala Jaringan

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Kamis, 17 November 2022
0 dilihat
Verifikasi Penerima Bansos Lewat Aplikasi Siks Mobile Terkendala Jaringan
Penggunaan aplikasi Siks Mobile masih terkendala jaringan. Aplikasi ini digunakan untuk menunjang pendataan Kementerian Sosial. Foto: Kloase

" Guna menunjang pendataan target survei lapangan yang lebih mudah, Kementerian Sosial Republik Indonesia ciptakan aplikasi Siks Mobile "

KENDARI, TELISIK.ID - Guna menunjang pendataan target survei lapangan yang lebih mudah, Kementerian Sosial Republik Indonesia ciptakan aplikasi Siks Mobile.

Pengunaannya dijalankan oleh tenaga pendamping sosial yang ada di Kota Kendari melalui smartphone. Meski belum resmi launching, Dinas Sosial Kota Kendari sudah mulai menggunakannya sejak Juli 2022.

Koordinator PKH Kota Kendari, Jasman mengatakan, pengaksesan aplikasi Siks Mobile sangat memudahkan pendamping dalam pengisian, verifikasi dan validasi data penerima bantuan sosial.

Baca Juga: Renovasi Kolam Renang KONI Sulawesi Tenggara Didesain Standar Olimpiade

‘’Kota Kendari termasuk daerah yang sudah menggunakan aplikasi Siks Mobile. Untuk daerah lain di Sulawesi Tenggara masih ada yang melakukan pendataan secara manual," kata Jasman, Kamis (17/11/2022).

Kata Jasman, secara menyeluruh kebanyakan masih ada belum paham tentang penggunaan aplikasi itu. Namun aplikasi Siks Mobile sangat memudahkan pendamping, karena dapat diakses secara cepat tanpa dua kali pengerjaan mengisi formulir lalu diinput.

Baca Juga: Target Medali Emas, Kontingen Sepak Bola Kota Kendari Dilepas Menuju Porprov

Sementara itu, Pendamping PKH Kecamatan Abeli, Sarifain mengungkapkan, dalam pengaplikasian aplikasi tersebut masih terkendala pada jaringan.

Selain itu, data penerima bantuan sosial yang dapat diakses melalui aplikasi Siksi Mobile hanya yang sudah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

"Kalau penggunaanya biasa terkendala dengan jaringan karena tidak semua wilayah bagus jaringannya, jadi kadang kami bisa tertunda pekerjaannya dan memakan banyak waktu, tapi jika jaringannya bersahabat pendataan bisa lebih cepat,’’ ucap Sarifain. (B)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga