Viral, Bocah Perempuan Umur 12 Tahun Ini Dilamar Duda Satu Anak

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 26 Juni 2024
0 dilihat
Viral, Bocah Perempuan Umur 12 Tahun Ini Dilamar Duda Satu Anak
Momen bocah perempuan diberi perhiasan saat prosesi lamaran. Foto: TikTok@pinopie

" Baru-baru ini, unggahan video di media sosial yang memperlihatkan seorang anak perempuan bertunangan dengan duda, menjadi viral "

MADURA, TELISIK.ID - Baru-baru ini, unggahan video di media sosial yang memperlihatkan seorang anak perempuan bertunangan dengan duda menjadi viral. Lokasi peristiwa tersebut tidak disebutkan, namun diketahui berasal dari Pulau Madura, Jawa Timur.

Video tersebut telah menarik perhatian banyak orang di berbagai platform media sosial. Dalam video yang diunggah oleh akun TikTok @_novithaaa_, terlihat bocah perempuan berusia 12 tahun mengenakan gamis merah dan jilbab hitam.

Dia tampak menerima ucapan selamat dari para tamu yang hadir dan diberikan sejumlah amplop berisi uang tunai. Jumlah uang yang diterima begitu banyak sehingga harus dimasukkan ke dalam kantong plastik, seperti dikutip dari Inews.com, Rabu (26/6/2024).

Meski menerima banyak uang, raut wajah bocah perempuan tersebut tampak datar dan nyaris tanpa ekspresi. Dia lebih sering menunduk dan tidak terlihat sedikitpun senyum di wajahnya. Keterangan dari pengunggah video menyebutkan bahwa bocah perempuan tersebut baru saja bertunangan dengan seorang duda berusia 27 tahun yang telah memiliki satu anak.

"Pertunangan anak umur 12 tahun dengan duda 27 tahun anak satu," demikian bunyi keterangan dalam video tersebut.

Baca Juga: Perempuan dan Anak Masih jadi Objek Tindak Asusila hingga Kekerasan Fisik di Buton Selatan

Kejadian ini pun memicu berbagai reaksi dari masyarakat yang melihatnya, banyak yang merasa prihatin dan mengecam peristiwa tersebut.

Dilansir dari Kumparan.com, peristiwa pertunangan anak usia dini dengan pria dewasa seperti ini rupanya juga terjadi di Surabaya. Hal ini diungkapkan oleh Komnas Perlindungan Anak Kota Surabaya yang mengonfirmasi adanya kasus serupa di wilayah mereka.

Ketua Komnas Perlindungan Anak Kota Surabaya, Syaiful Bachri, menyatakan, "Setelah kami melihat video viral pertunangan di Madura, kami langsung bereaksi karena kasus serupa baru saja terjadi di Surabaya."

Menurut Syaiful, peristiwa di Surabaya melibatkan bocah perempuan berusia 12 tahun yang baru lulus sekolah dasar (SD) dengan pria dewasa yang berusia sekitar 22-24 tahun.

Baca Juga: Wa Ode Meilani Driver Ojol Perempuan di Kota Kendari, Terima Orderan hingga Larut Malam

Pria dewasa yang bertunangan dengan bocah perempuan di Surabaya tersebut diketahui merupakan seorang ustaz dalam kesehariannya. "Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, anak perempuan ini baru lulus SD tahun ini. Sedangkan pria tersebut adalah seorang ustaz," imbuh Syaiful.

Meski peristiwa tersebut baru sebatas pertunangan, Syaiful menyayangkan kejadian ini dan khawatir akan kemungkinan terjadinya pernikahan siri.

"Tidak tertutup kemungkinan mereka akan menikah secara siri. Informasi yang kami dapat memang baru bertunangan, tapi bisa saja malah menikah siri. Kami sudah bertemu dengan pihak keluarga anak perempuan ini, namun mereka enggan terbuka dan terkesan menghindar," terang Syaiful. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

TAG:
Baca Juga