Viral, Perempuan Ini Ceraikan Suami Gegara Jarang Mandi hingga Dituntut Bayar Rp 250 Juta

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 05 Februari 2024
0 dilihat
Viral, Perempuan Ini Ceraikan Suami Gegara Jarang Mandi hingga Dituntut Bayar Rp 250 Juta
Wanita asal Turki, AY menggugat cerai suaminya karena malas mandi, dan menggosok gigi hanya sekali atau dua kali seminggu. Foto: Haibunda.com

" Menjalani suatu hubungan pernikahan tentunya tak selalu berjalan dengan harmonis. Salah satunya dialami oleh wanita ini. Perceraiannya bahkan viral di media sosial "

ANKARA, TELISIK.ID - Menjalani suatu hubungan pernikahan tentunya tak selalu berjalan dengan harmonis. Salah satunya dialami oleh wanita ini. Perceraiannya bahkan viral di media sosial.

Perempuan dengan inisial AY itu mengajukan gugatan cerai dari suaminya, CY, dengan alasan kurangnya kebersihan diri sebagai alasan utamanya.

Wanita asal Turki itu menyatakan bahwa suaminya berbau keringat, dan menggosok gigi hanya sekali atau dua kali seminggu.

Bahkan, sang pengacara mengungkapkan ke Pengadilan Keluarga ke-19 di ankara jika suami dari kliennya menggunakan pakaian yang sama selama 5 hari berturut-turut, jarang mandi dan berbau keringat, dikutip dari Sindonews.com.

Baca Juga: China Dituding Ciptakan Burung Merpati Mata-Mata di India

Beberapa saksi juga didatangkan untuk mengonfirmasi klaim dari AY mulai dari teman bersama hingga rekan kerja sang suami. Para saksi pun turut memberikan pernyataan yang membenarkan mengenai kebersihan pribadi terdakwa yang buruk.

Pengadilan menyetujui permintaan cerai wanita tersebut dan juga memerintahkan sang suami untuk membayar 500.000 lira Turki atau sekira Rp 250 juta. Hal ini sebagai denda untuk diberikan kepada mantan pasangannya karena menanggung kurangnya kebersihan pribadi.

Dilansir dari Krjogja.com, pengacara AY menuturkan, uang tersebut digunakan sebagai kompensasi kepada mantan istrinya karena menanggung kurangnya kebersihan pribadi.

"Jika kehidupan bersama menjadi tidak tertahankan karena kelakuan, pihak lain berhak mengajukan gugatan cerai. Kita semua harus berhati-hati dalam hubungan antarmanusia! Oleh karena itu, kita harus memperhatikan perilaku dan kebersihan kita.” tambah AY.

Dalam hukum perdata Turki, alasan perceraian yang diterima dibagi menjadi dua kategori, yakni alasan khusus dan alasan umum. Alasan umum sendiri mencakup semua alasan yang membuat hidup tak tertahankan bagi satu atau kedua belah pihak.

Kasus mengenai kebersihan pribadi yang buruh pun dianggap sebagai alasan yang sah untuk bercerai.

Baca Juga: Unik, Bahasa di Negara Ini hanya Miliki 250 Kata

Bahkan, para saksi juga mengungkapkan jika C.Y hanya mandi paling banyak 7-10 hari sekali. Tak hanya itu saja, ia juga menggosok gigi seminggu sekali atau dua kali.

Beberapa rekan kerja pria tersebut setuju untuk hadir sebagai saksi dalam kasus ini dan menyatakan bahwa bau badannya yang tidak sedap membuat bekerja bersamanya menjadi sebuah siksaan.

Kebersihan pribadi yang buruk telah digunakan sebagai penyebab perceraian sebelumnya. Pada 2018, seorang pria Taiwan yang menceraikan istrinya karena hanya mandi setahun sekali.

Ada juga seorang pria India yang mencoba menceraikan istrinya karena tidak mandi setiap hari. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga