Wabah COVID-19, Pengusaha Rental Mobil Merugi

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Kamis, 02 April 2020
0 dilihat
Wabah COVID-19, Pengusaha Rental Mobil Merugi
Pengusaha rental mobil merugi akibat wabah corona. Foto: Muhammad Israjab/Telisik

" Yah ada sekitar delapan mobil yang kami punya. Biasanya sehari itu mobil keluar semua, tapi sejak berapa hari ini, satu saja nda ada yang keluar. "

KENDARI, TELISIK.ID - Akibat wabah COVID-19 yang terjadi. Khususnya di Kota Kendari, ikut memberi dampak besar di sektor usaha. Seperti yang di alami oleh pengusaha rental mobil, yang seakan mati suri dan merugi sejak dua minggu terakhir ini.

Jasa rental mobil yang berada di jalan MT. Haryono, Anduonohu misalnya, pemilik rental seakan pasrah akan keadaan ini, mobil terlihat berjejeran tak ada yang menyewa.

"Yah ada sekitar delapan mobil yang kami punya. Biasanya sehari itu mobil keluar semua, tapi sejak berapa hari ini, satu saja nda ada yang keluar," keluh Gebi salah satu karyawan rental mobil, Kamis (2/4/2020).

Baca juga: ODP di Kolaka Bertambah Jadi 79 Orang, 8 Diantaranya Sembuh

Ditanya apakah menurunnya jumlah penyewa akibat wabah Corona. Gebi tidak menampik hal tersebut, karena ia merasakan betul dampak tersebut.

"Ini karena wabah Corona, jadi terlihat betul, apalagi sudah dibatasi pergerakan. Sehingga kalo orang mau sewa pikir-pikir lagi karena himbauan dari pemerintah juga untuk tidak keluar kota," ujarnya.

Kerugianpun tak terelakan, mestinya dalam sebulan Gebi sudah bisa mengantongi puluhan juta rupiah. Namun dalam bulan ini ia rugi dan harus memutar otak agar bisnisnya tetap berjalan.

Baca juga: Soal Randis Pimpinan Dewan, Alpen Sultra: Melukai Hati Rakyat

"Yah biasanya dalam sebulan, satu mobil saja bisa sampai 15 juta kalo dalam keadaan normal. Kalo sekarang agak sulit rasanya, saya berharap musibah ini cepat berlalu," ucapnya.

Dari hasil penelusuran tim telisik.id, menunjukkan beberapa usaha rental ini seakan tak berjalan seperti biasa, puluhan mobil terparkir begitu saja. Seperti di jalan Bypass Kelurahan Korumba dan Jalan Saranani.

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Sumarlin

Baca Juga