Waduh, China Langsung Batalkan Ratusan Penerbangan Setelah Temukan Ini

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 30 Oktober 2021
0 dilihat
Waduh, China Langsung Batalkan Ratusan Penerbangan Setelah Temukan Ini
Ilustrasi penerbangan pesawat di bandara. Foto: Repro okezone.com

" Lonjakan penularan virus terjadi di banyak wilayah yang terkait dengan turis. "

BEIJING, TELISIK.ID - Setelah lonjakan COVID-19 meningkat di negara China, penerbangan di Bandara Beijing langsung diperketat, pada Jumat (29/10/2021).

Mengutip suara.com - jaringan Telisik.id, ratusan penerbangan di Bandara Beijing, China tersebut juga dibatalkan akibat aturan perjalanan yang kembali diperketat.

Berkat penguncian yang panjang dan aturan karantina yang ketat, China sebenarnya sudah berhasil mengurangi jumlah infeksi sejak awal musim semi lalu.

Akan tetapi, lonjakan penularan virus terjadi di banyak wilayah yang terkait dengan turis. Akibatnya, para pejabat memerintahkan masyarakat untuk tinggal di rumah, membatasi perjalanan antar-provinsi, dan meningkatkan pengujian.

Jumlah kasus harian di China sebenarnya tetap jauh lebih rendah dibandingkan banyak negara lain, dengan 48 infeksi baru pada Jumat (29/10/2021), menjadikan penghitungan menjadi kurang dari 250 kasus dalam seminggu terakhir.

Tetapi pemerintah setempat tidak mau mengambil risiko, terlebih Beijing akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin pada Februari 2022 nanti.

Baca juga: 1,6 Juta Warga China Dikunci di Dalam Rumah, Ada Apa?

Baca juga: Biden Bantu ASEAN Rp 1,4 Triliun, Ini Alasannya

menurut platform pelacakan China Feichangzhun, sekitar setengah dari semua penerbangan di dua bandara utama ibu kota dibatalkan pada Jumat (29/10/2021).

Para pejabat Beijing waspada wabah yang dari bagian lain China akan menyebar ke wilayahnya.

Kekhawatiran juga terjadi di luar Beijing. Sejumlah kota lain di China juga telah memperkuat aturan COVID-19.

Pihak berwenang di Harbin, ibu kota provinsi timur laut Heilongjiang, memperingatkan 10 juta penduduk agar tidak melakukan perjalanan ke luar dan menghentikan sepertiga penerbangan di bandara kota.

Sekitar 6 juta orang berada di bawah penguncian di seluruh China, termasuk sekitar empat juta di kota barat laut Lanzhou dan daerah Mongolia Dalam Ejin, tempat sekitar 35.000 orang tinggal.

Mengutip wikipedia.org, kota barat laut Lanzhou atau Tiongkok Barat Laut adalah kawasan di Tiongkok yang mencakup wilayah otonom Xinjiang dan Ningxia, provinsi Shaanxi, Gansu serta Qinghai.

Sedang daerah Mongolia Dalam Ejin adalah sebuah daerah otonom setingkat provinsi di dalam Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Ibu kota provinsi ini berada di Hohhot dan kota utama lainnya di daerah ini diantaranya Baotou, Chifeng, dan Ordos. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga