Wakatobi Dapat DAK Rp 15,8 Miliar Kembangkan Pariwisata

Sumarlin, telisik indonesia
Kamis, 16 Januari 2020
0 dilihat
Wakatobi Dapat DAK Rp 15,8 Miliar  Kembangkan Pariwisata
Pembangunan Jety terapung. Foto: Andra/Telisik

" Tahun ini Dispar Kabupaten Wakatobi mendapatkan Rp 15,8 miliar yang tebagi Rp 14,7 miliar untuk pembangunan fisik dan Rp 1,1 miliar untuk non fisik. "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Pariwisata Kabupaten Wakatobi terus berbenah sebagai kawasan Prioritas nasional. Tahun 2020 Pemkab Wakatobi mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk mengembangkan sektor unggulannya ini. DAK Rp 15,8 miliar ini dialokasikan untuk kegiatan fisik dan non fisik.

" Tahun ini Dispar Kabupaten Wakatobi mendapatkan Rp 15,8 miliar yang tebagi Rp 14,7 miliar untuk pembangunan fisik dan Rp 1,1 miliar untuk non fisik,'' ungkap  Kadis Pariwisata Wakatobi, Nadar.

Untuk kegiatan Fisik, DAK Dispar Wakatobi akan memfokuskan pada pembangunan pendukung kegiatan kepariwisataan seperti pembangunan dermaga apung di Pulau Hoga, pembuatan penanda lokasi selam untuk menjamin keamanan wisatawan saat diving, bantuan alat diving, penataan kawasan parkiran di setiap objek wisata dan pembuatan kapal wisata katamaran (class buttuon boat) untuk wisatawan yang tidak bisa berenang.

Untuk kegiatan non fisik Dinas Pariwisata Wakatobi memiliki 10 paket pelatihan kopentensi SDM diantaranya, pemanadu selam, pengelolaan home stay, pemandu wisata budaya, pengelolaan kuliner dan ekowisata.

Baca Juga: Wakil Ketua DPRD Butur Ditahan

“Untuk pembangunan DAK fisik akan mengutamakan pembangunan ramah lingkungan,'' pungkasnya.

Reporter: M6
Editor: Sumarlin

Baca Juga