Wali Kota Kendari Jadi Pimpinan Sidang Rakernas XV APEKSI di Padang

Sasmiraza, telisik indonesia
Selasa, 09 Agustus 2022
0 dilihat
Wali Kota Kendari Jadi Pimpinan Sidang Rakernas XV APEKSI di Padang
Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir (paling kanan) usai mengikuti Rakernas XV APEKSI Tahun 2022. Foto: Ist.

" Wali Kota Kendari H. Sulkarnain K. SE. ME berkesempatan menjadi salah satu pimpinan sidang bersama enam wali kota lainnya "

PADANG, TELISIK.ID - Rapat Kerja Nasional XV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas XV APEKSI) Tahun 2022 yang digelar di Hotel Truntum, Kota Padang, resmi dibuka oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia H. Zulkifli Hazan, SE. MM Senin (8/8/2022).

Dalam agenda tersebut, Wali Kota Kendari H. Sulkarnain K. SE. ME berkesempatan menjadi salah satu pimpinan sidang bersama enam wali kota lainnya.

Melalui pelaksanaan Rakernas Apeksi XV yang digelar pada tanggal 7-10 Agustus 2022, kegiatan yang mengangkat tema "Kota Kita Bangkit, yang Maju yang Bersinergi” Menteri Perdagangan dalam arahannya berpesan agar para wali kota se-Indonesia bisa menghasilkan kiat-kiat serta kolaborasi dan sinergi antar pemerintah kota dalam menjamin stabilitas ketersediaan bahan pokok serta harganya yang semakin terjangkau.

Sementara itu, Wali Kota Kendari menuturkan bahwa dirinya mendapat banyak pengalaman dari para wali kota terkait strategi pemulihan ekonomi pasca pandemi melalui acara rakernas tersebut.

Suasana sidang pleno Rakernas XV APEKSI Tahun 2022 yang digelar di Hotel Truntum Padang, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menjadi salah satu pimpinan sidang bersama enam wali kota lainnya. Foto. Ist.

 

“Alhamdulillah kita bisa kembali berkonsolidasi melakukan koordinasi dengan seluruh kepala daerah khususnya pemerintah kota se-Indonesia, dan kita mendapatkan pengalaman dari teman-teman wali kota. Semoga pengalaman ini bisa kita bawa pulang ke Kota Kendari dan nanti bisa memberi manfaat bagi daerah kita dan bisa bersinergi lagi bersama dengan kepala daerah lain di seluruh Indonesia," ujar Sulkarnain.

Baca Juga: Diperbaiki, Jalan Provinsi di Buton Utara Malah Tambah Rusak

Sementara Mendag RI berpesan akan pentingnya peran pemerintah kota saat ini untuk meningkatkan kinerja perdagangan di samping sektor penting lainnya. Mulai dari melakukan stabilisasi harga bahan pokok, kolaborasi pengawasan hingga optimalisasi transformasi digital dan peningkatan ekspor daerah.

Foto bersama 97 wali kota se-Indonesia yang hadir dalam Rakernas XV APEKSI Tahun 2022 di Padang. Foto: Ist.

 

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus APEKSI Bima Arya menyampaikan, Rakernas APEKSI sangat penting karena masing-masing pemerintah kota saat ini tengah dihadapkan dengan berbagai tantangan. Di antaranya terkait upaya peningkatan pelayanan publik, peningkatan ekonomi dan mengatasi berbagai permasalahan yang ada lainnya.

Baca Juga: Polemik Pergantian Aparat Desa, DPRD dan Camat Bakal Adu Kekuatan Surat

“Momen Rakernas APEKSI adalah momen yang penting. Kita harapkan seluruh peserta serius dan komit serta saling berkolaborasi menindaklanjuti hasil dari Rakernas tersebut ke depan,” ujarnya.

Selaku tuan rumah, Wali Kota Padang Hendri Septa, B.Bus. (Acc), M.I.B  menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh wali kota se-Indonesia yang hadir mengikuti Rakernas APEKSI XV di Kota Padang. Diperkirakan 97 wali kota bersama rombongan yang hadir ke Padang mencapai 5.000 orang lebih.

“Selamat datang bagi bapak/ibu wali kota yang hadir mengikuti Rakernas APEKSI XV di Kota Padang. Begitu juga mengikuti berbagai agenda penunjang lainnya selama empat hari di sini,” ucap Hendri Septa yang juga Wakil Ketua Dewan Pengurus APEKSI. (C-Adv)

Penulis: Sasmiraza

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga