Wanita Wajib Ketahui 4 Tips Minta Uang Belanja Tambahan pada Suami

Andi Nuraisa Harifuddin, telisik indonesia
Kamis, 21 Januari 2021
0 dilihat
Wanita Wajib Ketahui 4 Tips Minta Uang Belanja Tambahan pada Suami
Pasangan usai berbelanja bersama. Foto: Repro sosok.id

" Yang bikin laki-laki senang sekali menganggap istrinya seorang gadis kecil yang manja, itu karena di dalam otak laki-laki dan perempuan ada yang namanya hipotalamus. Laki-laki hipotalamusnya lebih lebar 2,5 kali. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagian istri ternyata masih kerap merasa segan untuk meminta uang belanja tambahan pada suaminya. Apalagi jika suami tampak tegas setiap pengeluaran yang dilakukan istri.

Padahal, masalah keuangan ini sangatlah esensial dan harus dibicarakan dengan menyeluruh oleh kedua pasangan. Nah, jika Anda kerap merasa uang belanja sangatlah mepet atau bahkan kurang, berikut tips meminta uang belanja tambahan pada suami.

1. Berbicara Dengan Manja

Menurut dr. Aisyah Dahlan, CHt pakar neuro parenting, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah harus manja saat berbicara pada suami.

"Kalo lagi ditelepon suami, lagi berduaan sama suami, otak laki-laki ternyata senang dengan istrinya manja-manja dan ngomongnya agak melengking sedikit," ujarnya dalam video yang diunggah di Instagram @seputar.anak.balita, dikutip Telisik, Jumat 11 Desember 2020.

Aisyah menjelaskan, pria jika mendengar suara wanita lebih rendah, akan menggoda alam bawah sadarnya.

“Yang bikin laki-laki senang sekali menganggap istrinya seorang gadis kecil yang manja, itu karena di dalam otak laki-laki dan perempuan ada yang namanya hipotalamus. Laki-laki hipotalamusnya lebih lebar 2,5 kali," kata Aisyah.

Baca juga: Tips Bagi Keluarga saat Hadapi Bencana Banjir

Aisyah menambahkan, hipotalamus ini memiliki banyak fungsi. Salah satu fungsi yang terdapat pada laki-laki adalah menjaga keamanan.

Menurut dokter Aisyah, perempuan manja itu membuat perasaan laki-laki senang dan merasa berguna perannya sebagai laki-laki.

Tak ada salahnya bagi Anda mencoba bermanja-manja pada saat suami bertanya-tanya tentang tambahan uang belanja tersebut. Hindari bicara dengan nada tinggi saat berdiskusi karena berisiko menyinggung dan justru memicu pertengkaran.

2. Membuatkan Makanan Kesukaan Suami

Salah satu cara untuk meluluhkan hati suami, misalnya dengan memberi pijatan sepulang bekerja. Selain itu, bisa juga coba memasak makanan favoritnya.

Perut kenyang dan badan tak lagi pegal, suami lebih nyaman menerima informasi yang akan disampaikan. Inilah saatnya mulai membicarakan soal uang.

3. Mencari Waktu Paling Tepat

Hindari membicarakan sesuatu yang penting, termasuk urusan uang saat suami baru pulang kerja atau sedang stres karena tekanan pekerjaan kantornya.

Cari momen yang pas. Misalnya saat suami sedang santai atau mood-nya sudah baik untuk diajak diskusi. Dikutip dari HaiBunda.com, mengajaknya bicara serius saat sedang stres justru bisa membuat emosinya meledak-ledak, bukan tak mungkin memicu pertengkaran.

Baca juga: Hindari 6 Kesalahan Ini Agar Tanaman Hias dalam Rumah Tidak Mudah Mati

Sementara itu, Menurut dr. Aisyah Dahlan, bahwa jika suami pulang kerja, jangan langsung diajak bicara, apa lagi langsung membahas uang belanja yang kurang.

“Berikan waktu 10 hingga 12 menit bagi laki-laki untuk diam berpikir sendiri atau menenangkan diri, setelah 12 menit kemudian laki-laki akan memulai mengajak sang istri berbicara,” kata Aisyah.

Ketika waktunya tiba, sang suami mulai mengajak bercerita, Anda boleh mencoba membahas tentang tambahan uang belanja.

4. Siapkan Anggaran yang Jelas

Jika sekadar meminta tanpa menjelaskan apa tujuan penggunaan uang tambahan tersebut, besar kemungkinan suami akan menolak permintaan Anda.

Jadi, jangan lupa menyiapkan anggaran dan bujet transparan yang jelas. Untuk apa uang itu digunakan dan berapa besaran yang dibutuhkan.

Demikian beberapa tips yang coba dirangkum telisik.id untuk Anda para ibu-ibu, selamat mencoba. (C)

Reporter: Andi Nuraisa Harifuddin

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga