Warga di Muna Barat Dilibatkan dalam Penyortiran Surat Suara Pemilu 2024

Putri Wulandari, telisik indonesia
Kamis, 11 Januari 2024
0 dilihat
Warga di Muna Barat Dilibatkan dalam Penyortiran Surat Suara Pemilu 2024
KPU Muna Barat saat ini laksanakan penyortiran logistik dan pastikan selesai pada 13 Januari 2024. Foto: Ist.

" Penyortiran logistik dan pelipatan surat suara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muna Barat pastikan selesai tanggal 13 Januari 2024 "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Penyortiran logistik dan pelipatan surat suara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muna Barat pastikan selesai tanggal 13 Januari 2024.

Ketua KPU Muna Barat, Tajudin mengatakan, saat ini pihaknya dalam masa penyortiran dan pelipatan surat suara, yang mana surat suara yang dilipat mulai dari surat suara Paslon presiden, DPR RI, DPD RI, DPR Provinsi, dan DPRD kabupaten/kota, serta formulir dan perlengkapan lainnya.

"Penyortiran dan pelipatan surat suara ini dimulai sejak 7 Januari 2024 lalu," ungkapnya, Kamis (11/1/2024).

Tajudin juga mengatakan, penyortiran kelengkapan logistik dilakukan untuk memastikan semua jenis surat suara termasuk formulir dan perlengkapan lainnya yang sudah sampai di gudang Logistik KPU Muna Barat telah sesuai dengan jumlah TPS yang ada.

Dimana jumlah TPS Muna Barat pada pemilu 2024 sebanyak 254 TPS di 86 desa atau kelurahan. Selanjutnya, dalam kegiatan penyortiran ini ditargetkan selesai pada 13 Januari 2024.

Baca Juga: Jasad Bocah Diterkam Buaya di Muna Barat Ditemukan Penuh Luka

Sejauh ini, pihaknya melakukan penyortiran dalam rangka memastikan semua logistik yang ada telah sesuai jenis, jumlah baik dari surat suara paslon Presiden, DPR RI, DPD RI, serta DPR provinsi sesuai dengan dapil yang ada di tiga wilayah yaitu Muna, Muna Barat, dan Buton Utara, serta surat suara DPRD kabupaten sesuai dengan dapil yang ada.

Kemudian, dalam penyortiran itu tiap hari pihak penyortiran melaporkan progres, dan setelah selesai tersortir pihaknya kembali memastikan lagi sebagai laporan akhir terkait jumlah, jenis surat suara pada setiap pemilihan dan kelengkapan logistik lainya.

Dalam melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara itu tenaga sortir dan lipat dari warga sekitar dengan jumlah kurang lebih 70 orang.

Para petugas sortir lipat surat suara dan perlengkapan logistik itu sebelumnya telah dilakukan pembekalan terkait cara lipat dan segala hal yang sesuai dengan syarat dan ketentuan atau SOP.

Pasalnya, berkaitan dengan surat suara sangat sensitif, sehingga bagi tenaga sortir dan lipat harus mematuhi ketentuan dan tata tertib yaitu petugas tidak boleh membawa makanan dan minuman, handphone, tidak keluar masuk area pelipatan selama kegiatan berlangsung, dan hal lainnya yang berpotensi dapat merusak surat suara.

Petugas pelipat surat suara hanya diperbolehkan membawa ID card atau tanda pengenal, dan di tiap kelompok petugas lipat ada pengawas linternal KPU dan pengawasan eksternal yaitu dari Bawaslu, TNI, polri.

Hal ini bertujuan untuk mengkoordinir kelompok-kelompok petugas tersebut terkait surat suara yang cacat cetak tetapi layak untuk digunakan termasuk kondisi lainya.

"Saat ini juga masuk dalam kegiatan penyortiran sampul yang pengadaan dari KPU RI, maka jika ada kekurangan akan segera dilaporkan," pungkas Tajudin.

Baca Juga: Bocah di Muna Barat Hilang, Diduga Diterkam Buaya

Sementara itu, Sekretaris KPU Muna Barat, La Ode Abdul Manaf mengatakan, persiapan KPU Muna Barat saat ini terkait penyortiran logistik telah berjalan dan akan dipastikan selesai pada 13 Januari 2024 mendatang.

"Kita pastikan tuntas pada tanggal tersebut," ungkapnya.

Selanjutnya, salah satu petugas sortir, Herlina mengatakan, memang kelompok sortir dan lipat suara itu diawasi dengan ketat baik dari pengawas internal maupun eksternal, kemudian di gudang logistik petugas sortir dipantau juga melalui CCTV.

"Kami memang diawasi dengan ketat, dan di gudang logistik tidak diperbolehkan banyak gerakan tambahan," katanya. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga