Warga Kebagian 1.000 Paket Ikan Konsumsi di Baubau

Elfinasari, telisik indonesia
Rabu, 10 Mei 2023
0 dilihat
Warga Kebagian 1.000 Paket Ikan Konsumsi di Baubau
Wali Kota Baubau bersama BKIPM KKP dan lurah saat menyerahkan paket ikan ke warga. Foto: Elfinasari/Telisik

" Dalam rangka menyongsong bulan mutu karantina ikan tahun 2023, sebanyak 1.000 paket ikan konsumsi disalurkan kepada masyarakat yang berlokasi di Kecamatan Bungi, Kota Baubau "

BAUBAU, TELISIK.ID - Dalam rangka menyongsong bulan mutu karantina ikan tahun 2023, sebanyak 1.000 paket ikan konsumsi disalurkan kepada masyarakat yang berlokasi di Kecamatan Bungi, Kota Baubau, Rabu (10/5/2023).

Stasiun Karantinan Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Baubau memberikan paketan ikan beku yang disalurkan di empat kelurahan Kecamatan Bungi, diantaranya Kelurahan Liabuku dan Waliabuku, serta Ngkaring-karing dan Kamponaho.

Masing-masing kepala keluarga yang telah ditunjuk pihak kelurahan terkait akan mendapatkan satu paket berisi dua kilogram ikan beku. Total sebanyak 2 ton ikan dikemas menjadi 1.000 paket ikan beku. Setiap kelurahan mendapatkan jatah 250 paket ikan.

Baca Juga: Antisipasi Bencana di Kota Baubau Melalui Jitu Pasna

Menurut Kepala Badan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Pamuji Lestari menuturkan, bulan mutu karantina dilaksanakan setiap tahun dan ini sudah tahun ke delapan, intinya yang pertama bagaimana mengedukasi masyarakat agar memahami seperti apa ikan yang bermutu dan sehat serta bebas mikroplastik. Kedua, bagaimana meningkatkan angka konsumsi ikan di masyarakat.

"Kalau kita tidak memberikan contoh dengan membagi ikan, mereka tidak paham bagaimana ikan yang sehat dan bermutu kalau bebas mikroplastik harus ada uji lab, tapi kalau untuk yang biasa bisa dari kekenyalan, warna, bau dan seterusnya," ungkapnya.

Bulan untuk karantina dilaksanakan seluruh Indonesia dan lokasi-lokasi yang terpilih ada dana APBN dan dana CSR. Di Baubau ada kerjasama stasiun karantina dengan perusahaan sehingga masyarakat juga merasakan kehadiran perusahaan. Tahun ini diberikan 2 ton dan tahun kemarin 1,3 ton. Kami bagi di lokasi-lokasi yang telah dipilih karena masyarakat di sini jarang makan ikan.

Menurut Wali Kota Baubau, Ahmad Monianse, Ikan tersebut dikumpul oleh SKIPM Kota Baubau dengan mengumpulkan 2 ton ikan dan akan dibagikan 250 paket setiap kelurahan dan masing-masing paket dapat 2 Kg ikan, sehingga ia berharap bisa memberikan manfaat. Ia juga menganjurkan agar jangan membuang mikroplastik di wilayah perairan karena dapat merusak lingkungan.

Baca Juga: Belasan Peserta STQH Kota Baubau Ikut Trening Center Siap Tanding Tingkat Provinsi

"Dan yang lebih penting mikroplastik harus waspadai, jangan membuang mikroplastik sembarang di saluran air karena saluran air kita kali kita bermuara di selat Baubau. Kalau kita ingin sehat lebih sehat dengan tidak membuang sampah plastik sembarangan, mari kita jaga laut kita untuk generasi kita," tuturnya.

Menurut Lurah Waliabuku yang menerima pembagian ikan, Nikolas Uling mengungkapkan, kriteria warga yang diberikan itu warga yang kurang mampu, janda, duda termasuk anak yatim.

Ia juga sangat bersyukur karena dengan adanya bantuan tersebut bisa membantu masyarakat dalam hal menghadapi inflansi yang masih tinggi di Kota Baubau. Sehingga dengan adanya bantuan dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan ikan karena di kelurahan jarang makan ikan. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga