Waspada, Kebiasaan Minum Kopi Ini Bisa Perpendek Umur

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 03 September 2023
0 dilihat
Waspada, Kebiasaan Minum Kopi Ini Bisa Perpendek Umur
Meski terlihat sepele, ternyata kebiasaan minum kopi juga bisa memperpendek umur seseorang. Foto: Timesindonesia.co.id

" Bagi Anda pecinta kopi mungkin sudah mengenal jika kopi dapat membantu meningkatkan kesehatan otak, dan memberi Anda dorongan energi saat dibutuhkan "

KENDARI, TELISIK.ID - Bagi Anda pecinta kopi mungkin sudah mengenal jika kopi dapat membantu meningkatkan kesehatan otak, dan memberi Anda dorongan energi saat dibutuhkan.

Bahkan telah ditemukan berpotensi membantu mengurangi risiko hal-hal seperti penyakit jantung dan diabetes. Meskipun kopi mempunyai beragam manfaat, namun hal itu tidak berlaku bagi semua orang.  

Dilansir dari Kompas.com, kopi mungkin bukan minuman yang baik bagi mereka yang menderita sindrom iritasi usus besar, selalu merasa cemas, sedang hamil atau menyusui.

Berikut kebiasaan minum kopi yang bisa memperpendek umur dilansir dari Monitorindonesia.com:

Baca Juga: Sering Terpapar AC Tiap Hari Bisa Bikin Penyakit?

1. Terlalu banyak minum kopi

Kebiasaan minum kopi yang perlu diperhatikan. Satu studi sebelumnya yang mengevaluasi 40.000 orang dewasa memperhatikan bahwa minum lebih dari empat cangkir kopi sehari dapat berdampak negatif pada umur seseorang.

Namun, para ilmuwan yang menulis penelitian mencatat bahwa minum 28 cangkir seminggu baik-baik saja (tepatnya empat cangkir setiap hari dalam seminggu), tetapi minum lebih dari itu dapat mengakibatkan konsekuensi negatif dalam hal umur panjang.

2. Terlalu banyak krimer

Krimer adalah bahan tambahan pengganti susu dan santan yang populer sebagai campuran kopi dan teh. Apabila tidak berhati-hati dalam mengonsumsi krimer dan terlalu sering meminumnya bersama kopi, hal itu dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Baca Juga: Seks Setelah Olahraga Punya Banyak Manfaat, Bikin Pasangan Lebih Tertarik

3. Minum kopi tanpa kafein

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Longevity & Healthspan mengatakan bahwa kafein sebenarnya dapat membantu memperpanjang umur, meningkatkan kesehatan, dan menunda penyakit terkait usia seperti alzheimer.

Hal tersebut lantaran, kafein dapat membantu pembatasan pola makan dan mengurangi sinyal insulin. Untuk itu, cobalah beralih minum kopi berkafein untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga