Waspada, Kenali 5 Tanda WhatsApp Dibajak Orang Lain

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 27 Juni 2022
0 dilihat
Waspada, Kenali 5 Tanda WhatsApp Dibajak Orang Lain
Pengguna WhatsApp harus waspada terhadap kemungkinan akunnya dibajak. Foto: Repro The Verge

" Jika muncul SMS OTP WhatsApp ke ponsel Anda, artinya sedang ada upaya penembusan dari perangkat lain. Solusinya: Abaikan saja SMS itu "

JAKARTA, TELISIK.ID - Meski WhatsApp menjadi platform perpesanan yang sangat memudahkan komunikasi, namun pengguna harus juga waspada.

Pasalnya, jangan sampai akun WhatsApp Anda dikendalikan orang lain secara diam-diam.

Dikutip dari cnbcindonesia.com, WhatsApp juga menjadi incaran para pelaku kejahatan siber untuk bisa diretas bahkan dibajak. Caranya pun dengan menggunakan sejumlah modus.

Salah satunya kemungkinan menggunakan nomor yang dijadikan akun WhatsApp. Ini dilakukan jika para pelaku akan mengakses layanan WhatsApp Web, sebab membutuhkan pemindaian kode QR.

Dengan begitu mereka membutuhkan akses khusus fisik atas ponsel korban. Setelah itu didapatkan, maka seluruh percakapan di aplikasi WhatsApp bisa dipantau bahkan membalas pesan seolah-olah pesan dari korban.

Untuk itulah, kita harus waspada dan curiga jika ada sejumlah ciri-ciri upaya pembajakan terhadap akun WhatsApp kita.

Melansir detikINET yang merangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah sejumlah indikasinya jika akun WhatsApp dibajak:

1. Menerima SMS OTP

One Time Password (OTP) adalah faktor krusial dalam keamanan WhatsApp Anda. Kode 6 angka ini tidak boleh diberikan ke siapapun juga.

Jika muncul SMS OTP WhatsApp ke ponsel Anda, artinya sedang ada upaya penembusan dari perangkat lain. Solusinya: Abaikan saja SMS itu.

Jika terjadi social engineering atau upaya rekayasa dengan modus menghubungi Anda untuk meminta 'kode OTP yang nyasar', abaikan saja! Ingat OTP Anda hanya untuk Anda.

2. Keluar sendiri dari WhatsApp Web

Banyak orang menghubungkan WhatsApp di smartphone dengan WhatsApp Web di laptop. Ini bisa jadi alat bantu deteksi juga.

Jika tahu-tahu Anda log out dari WhatsApp Web, berarti ada orang lain yang sedang memakainya. Solusinya: cari tahu siapa yang mencoba akses dengan cara buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda, klik titik 3 dan klik Linked Devices.

Baca Juga: Oppo Find X5 Pro 5G Satu-Satunya Smartphone Dilengkapi 4K AI Night Video

Nanti akan tampil perangkat mana saja yang terhubung dengan WhatsApp Anda. Dikutip dari India Today, jika WhatsApp Anda aktif dari perangkat yang tidak Anda kenali, segera putuskan hubungan dengan perangkat asing itu.

3. Pesan terbaca atau terkirim sendiri

Jika sebuah pesan terbaca dan Anda tidak merasa pernah membaca pesan tersebut, ada kemungkinan akun WhatsApp Anda dibajak. Pun demikian jika ada pesan terkirim ke kontak lain, padahal Anda tidak mengirimkannya. Ada indikasi bahwa WhatsApp Anda kebobolan.

4. Status online dengan sendirinya

Jika WhatsApp Anda dinyatakan online, padahal sedang tidak aktif, hal ini juga bisa jadi indikasi pembajakan. Untuk mengujinya, coba cek status WhatsApp Anda melalui akun orang lain misalnya dari smartphone anggota keluarga lain atau teman dekat.

Baca Juga: Ingin Buat Podcast? Kenali Jenis, Aplikasi dan Topik yang Bisa Kamu Pilih

5. Smartphone cepat panas, baterai cepat habis

Jika ponsel Anda sering panas, atau baterainya lebih cepat habis dari biasanya, apalagi ada notifikasi download tidak dikenal dan sedang berlangsung, ini ada indikasi ada aplikasi jahat pihak ketiga sedang beraksi. Demikian kiat dari Technique How.

Ponsel panas artinya prosesor sedang melakukan pekerjaan berat dan bisa jadi indikasi penyadapan. Coba cek setting dan klik Battery untuk mengecek Battery Usage, coba lihat apa ada aplikasi asing yang menghabiskan tenaga ponsel Anda. Hapus saja aplikasi asing tersebut demi keamanan. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga