adplus-dvertising

Waspada Penyakit di Tengah Pancaroba

Wa Ode Umratul Khazanah, telisik indonesia
Jumat, 11 Februari 2022
887 dilihat
Waspada Penyakit di Tengah Pancaroba
Ilustrasi penyakit musim pancaroba. Foto: repro dreamstime.com

" Fenomena alam yang sering terjadi saat peralihan musim ditandai dengan keadaan udara yang tidak menentu "

KENDARI, TELISIK.ID - Saat ini, Indonesia tak terkecuali Kota Kendari sedang diperhadapkan pada gejala peralihan musim yang biasa disebut dengan istilah pancaroba.

Fenomena alam yang sering terjadi saat peralihan musim ditandai dengan keadaan udara yang tidak menentu. Angin kencang, curah hujan tinggi, juga panas terik matahari.

Perubahan cuaca sering kali tak dapat diprediksi. Hal ini membuat perubahan suhu tubuh mahluk hidup pun tak dapat diprediksi. Perubahan suhu yang signifikan membuat tubuh tidak mampu menyesuaikan sehingga rentan tertular penyakit.


Ada beberapa gangguan kesehatan yang perlu diwaspadai di tengah musim pancaroba saat ini.

Berdasarkan data tahunan, Direktur RSUD Kota Kendari, dr Sukirman mengatakan, musim pancaroba biasanya dibarengi dengan penularan berbagai virus maupun bakteri yang menyebar melalui udara.

"Musim pancaroba seperti saat ini biasanya banyak terjadi penularan penyakit seperti diare, influenza dan demam berdarah," katanya saat dikonfirmasi, Jumat (11/2/2022).

Baca Juga: Yuk Coba, Ini Contoh Menu Sarapan Sehat untuk Anak

Hal ini terjadi karena perubahan cuaca saat peralihan musim atau pancaroba mengakibatkan rendahnya daya tahan tubuh, sehingga penyakit dapat dengan mudah menyakiti tubuh.

Selain itu curah hujan yang tinggi, lingkungan terganggu, genangan air di mana-mana, lingkungan kotor juga kebiasaan cuci tangan yang buruk membuat potensi penularan penyakit diare meningkat.

Oleh karena itu, dr Sukirman menyampaikan, agar masyarakat senantiasa menjaga daya tahan tubuh, dengan rutin olahraga, mengkonsumsi buah-buahan juga suplemen penambah daya tahan tubuh.

Baca Juga: Positif COVID-19 Setelah Vaksinasi Dosis Lengkap, Ini Kata Ahli

"Perbanyak olahraga, konsumsi buah-buahan, vitamin atau obat-obatan penunjang, dan rajin konsultasi kesehatan dengan dokter," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, drg Rahminingrum, tak henti-hentinya mengajak masyarakat agar senantiasa menjaga daya tahan tubuh, dengan menerapkan pola perilaku hidup bersih.

"Rajin cuci tangan, kurangi mobilitas, terapkan perilaku hidup bersih, dan yang terpenting protokol kesehatan, karena pandemi belum berakhir," pungkasnya. (B)

Reporter: Umratul Khazanah

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga