Tiga Kelompok Orang Harus Hati-Hati Konsumsi Madu

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Sabtu, 14 September 2024
0 dilihat
Tiga Kelompok Orang Harus Hati-Hati Konsumsi Madu
Madu menawarkan banyak manfaat kesehatan dan dianggap sebagai makanan alami serta bergizi. Foto: Repro Madurasa

" Madu dikenal sebagai salah satu superfood yang kaya manfaat kesehatan, namun tidak semua orang dapat mengonsumsinya tanpa risiko "

KENDARI, TELISIK.ID - Madu dikenal sebagai salah satu superfood yang kaya manfaat kesehatan, namun tidak semua orang dapat mengonsumsinya tanpa risiko.

Menurut Beth Czerwony, seorang ahli diet dari Cleveland Clinic, rasa manis dari madu berasal dari komponen kimia khusus yang membentuknya.

“Madu terdiri dari dua gula sederhana, yaitu glukosa dan fruktosa, serta sejumlah kecil mineral,” ungkap Czerwony, seperti dikutip dari CNN Indonesia, Sabtu (14/9/2024).

Baca Juga: Begini Efek Samping Tak Terduga Minum Kopi Hitam Tanpa Gula Tiap Hari

Meskipun sering dianggap aman dan bergizi, ada tiga kelompok orang yang harus berhati-hati atau bahkan menghindari konsumsi madu demi kesehatan mereka.

Pertama, bayi di bawah usia satu tahun sebaiknya tidak mengonsumsi madu. Madu dapat mengandung spora bakteri Clostridium botulinum yang dapat menyebabkan botulisme, sebuah penyakit serius yang dapat mengganggu fungsi otot dan sistem pencernaan bayi yang masih belum matang.

Gejala botulisme pada bayi termasuk kesulitan mengisap, tangisan lemah, sembelit, dan kelelahan.

Kedua, orang yang memiliki alergi terhadap serbuk sari lebah harus menghindari madu, terutama madu mentah. Serbuk sari lebah yang sering terdapat pada madu mentah dapat memicu reaksi alergi serius seperti sesak napas, asma, pusing, serta gejala lainnya yang berpotensi berbahaya.

Reaksi alergi terhadap serbuk sari lebah dapat menimbulkan gejala seperti mual, muntah, dan irama jantung tidak normal.

Baca Juga: Tak Cuma Tidur, Ini Tujuh Jenis Istirahat Paling Dibutuhkan Tubuh

Ketiga, bagi penderita diabetes, konsumsi madu harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Madu, yang merupakan bentuk gula cair, dapat memengaruhi kadar gula darah sama halnya dengan gula biasa.

Meskipun mengandung beberapa nutrisi bermanfaat, konsumsinya harus dikendalikan dengan ketat untuk mencegah lonjakan gula darah yang berbahaya.

Penting bagi ketiga kelompok ini untuk mematuhi saran medis terkait konsumsi madu untuk menjaga kesehatan mereka dengan baik. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga