Wisuda Mahasiswa UHO Dimanfaatkan Pedagang

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Rabu, 01 Februari 2023
0 dilihat
Wisuda Mahasiswa UHO Dimanfaatkan Pedagang
Suasana ramai di depan studio foto Fokus area depan UHO Kendari yang dipadati pengunjung. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

" Momen wisuda mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari gelombang pertama periode Oktober 2022 hingga Februari 2023 dimanfaatkan oleh sejumlah pedagang hingga tukang parkir dadakan "

KENDARI, TELISIK.ID - Momen wisuda mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari gelombang pertama periode Oktober 2022 hingga Februari 2023 dimanfaatkan oleh sejumlah pedagang hingga tukang parkir dadakan.

Wisuda mahasiswa UHO tahun ini kembali dilaksanakan secara offline atau langsung, setelah beberapa tahun belakangan wisuda dilaksanakan via online

Kampus UHO terlihat ramai dipadati oleh wisudawan/wisudawati, para pendamping, sanak saudara hingga pedagang keliling yang memadati area wisuda.

Baca Juga: Jelang Musim Kemarau Masyarakat Dimbau Waspadai Hal Ini

Selain itu, di jalanan sekitaran UHO dipadati kendaraan dan studio foto terdekat juga dipadati pengunjung hingga membuat kemacetan.

Salah satu penjual es dawet, Joko Santoso mengatakan, biasanya berjualan keliling hingga sore harj untuk menghabiskan jualannya tetapi saat momen wisuda seperti ini biasanya cepat habis.

"Saya biasa berjualan saat wisuda seperti ini, karena banyak pembeli dan tidak perlu berkeliling lagi," ujar Joko, Rabu (1/2/2023).

Selain pedagang momen itu juga dimanfaatkan banyak tukang parkir dadakan yang tersebar di beberapa titik parkiran sekitaran UHO.

Salah satu tukang parkir AJ (23) berinisiatif menjaga parkir di sekitaran UHO di setiap wisuda mahasiswa dilakukan secara langsung atau offlone.

Dia mengatakan, banyaknya mahasiswa dan keluarga yang datang di studio foto depan UHO menjadi rezeki tersendiri dengan membantu mengatur kendaraan agar terlihat rapi. 

Baca Juga: Warga Nambo Geruduk DPRD Kota Kendari Tuntut Tambang Pasir Dibuka

"Kita manfaatkan untuk membuka lahan parkir demi menjaga ketertiban, karena banyaknya pengunjung," ujar AJ.

Sementara itu, pengunjung studio foto Fokus, Wa Ode Muslima mengatakan, setiap wisuda offline di UHO pasti lokasinya ramai pengunjung dan para pedagang juga terlihat mulai berdatangan.

"Karena banyaknya mahasiswa UHO jadi setiap hari wisuda pasti banyak orang dan jalanan padat," ujar Muslima. (A)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga