Pembagian Daging Kurban Dianjurkan Diantar ke Rumah Warga

Musdar, telisik indonesia
Minggu, 19 Juli 2020
0 dilihat
Pembagian Daging Kurban Dianjurkan Diantar ke Rumah Warga
Pembagian daging kurban dianjurkan agar dibagi ke rumah warga penerima, untuk menghindari kerumunan. Foto: Repro Republika

" Jadi pihak-pihak terkait harus perhatikan ini. "

KENDARI, TELISIK.ID - Agar penyembelihan hewan kurban di hari Idul Adha tetap aman dari potensi penularan COVID-19, Kementrian Agama (Kemenag) Kota Kendari mengeluarkan beberapa imbauan.

Kepala Kantor Kemenag Kota Kendari, Zainal Mustamin mengatakan, salah satu yang perlu dilakukan adalah mengatur cara pembagian daging kurban.

Cara yang dimaksudkan, panitia kurban mengantarkan daging kurban ke rumah-rumah warga yang sudah memegang kupon.

"Jadi tidak boleh dikumpulkan masyarakat untuk menerima di tempat penyembelihan," terang Zainan Mustamin, Minggu (19/7/2020).

Dengan cara-cara itu, potensi menulari maupun tertular COVID-19 semakin berkurang. Sehingga pengurus masjid atau pihak yang berkurban dapat melakukan langkah-langkah tersebut.

Baca juga: Kemenag: Hewan Kurban Tak Perlu Jalani Tes Swab

Selain mengubah cara pendistribusiannya, tempat penyembelihan hewan kurban juga perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan kerumunan dan tetap menjaga kepatuhan terhadap protokol COVID-19.

"Jadi pihak-pihak terkait harus perhatikan ini," pungkasnya.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Kendari, Siti Ganef mengatakan, pihaknya akan melakukan sosialisasi di tempat pemotongan hewan agar tidak boleh ada kerumunan.

Selain menghindari kerumunan, di tempat pemotongan hewan diminta untuk menggunakan masker dan menyediakan tempat cuci tangan.

"Nanti kita akan buatkan surat edaran dan kita minta wali kota untuk menandatangani," jelasnya.

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga