11 Cara Simpel Miliki Kulit Wajah Glowing Permanen

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 01 Agustus 2022
0 dilihat
11 Cara Simpel Miliki Kulit Wajah Glowing Permanen
Salah satu cara memiliki wajah glowing yaitu dengan melakukan pijat wajah (facial message) yang dapat membuat kulit lebih segar dan kencang. Foto: Repro beautyhaul.com

" Memiliki kulit wajah yang sehat, bersinar atau pun glowing menjadi impian para wanita "

KENDARI, TELISIK.ID - Memiliki kulit wajah yang sehat, bersinar atau pun glowing menjadi impian para wanita. Tak sedikit beberapa wanita merawat kulitnya dengan beragam produk-produk kecantikan.

Cara-cara tersebut memang dapat membantu membuat kulit wajah menjadi sehat dan glowing. Namun sebenarnya, ada 11 rutinitas simpel dan mudah yang bisa dilakukan untuk memperoleh kulit wajah impian.

Di bawah ini sejumlah cara sederhana membuat kulit wajah sehat dan terlihat glowing permanen, seperti di lansir dari wolipop.detik.com, dan hellosehat.com, antara lain :

1. Rutin bersihkan wajah

Dokter kulit bersertifikat di San Francisco Bay Area, Caren Campbell, MD menyebut mencuci wajah di pagi dan sore hari menjadi langkah pertama dari rutinitas perawatan kulit yang harus dilakukan.

Pasalnya, membersihkan wajah secara teratur dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, kotoran, dan sisa make up dari kulit sehingga mencegah penyumbatan pori-pori dan kulit kusam. Saat membersihkan wajah, pastikan untuk mencuci muka dengan pembersih wajah yang lembut. Pilih juga jenis facial wash yang sesuai dengan jenis kulit wajah.

2. Eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan cara untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati dan kering sehingga dapat membuat kulit lebih cerah dan bercahaya. Dalam hal ini, terdapat dua cara eksfoliasi yang bisa dilakukan, yakni dengan eksfoliator kimia dan eksfoliator mekanis. Adapun eksfoliator kimia biasanya dilakukan dengan menggunakan skincare berupa toner, sedangkan eksfoliator mekanis menggunakan scrub yang mengandung partikel abrasif.

Soal eksfoliasi, Campbell merekomendasikan untuk menggunakan exfoliator kimia sekali atau dua kali seminggu. Untuk usia di atas 40 tahun, eksfoliasi dapat dilakukan setiap hari atau sesuai toleransi kulit.

3. Perhatikan makanan yang di konsumsi

Jaga pola makan sehat, seperti:

- Memperbanyak makan buah dan sayur,

- Memilih produk susu rendah lemak bebas lemak,

- Menyertakan kacang-kacangan, biji-bijian, dan makanan berserat lainnya,

- Mengonsumsi roti dan pasta dari gandum utuh, dan

- Membatasi makanan manis.

4. Minum air yang banyak

Tidak hanya memperhatikan makanan yang dikonsumsi, cara lain agar wajah glowing secara alami yaitu dengan minum air yang banyak. Pasalnya, kekurangan air pada kulit dapat menyebabkan kulit kering dan bersisik hingga menimbulkan kerutan.

Itu sebabnya, minum setidaknya 8 gelas sehari membantu membersihkan tubuh dan kulit dari racun. Beberapa orang bahkan menyebut dengan meningkatkan asupan air, kulit mereka tampak lebih bercahaya meski belum ada penelitian yang membuktikannya.

5. Gunakan vitamin C

Usai mencuci muka di pagi hari, Campbell mengatakan sebaiknya oleskan dua hingga tiga tetes serum vitamin C topikal. Sebab, vitamin C memiliki sifat antioksidan yang dapat mencegah bintik-bintik coklat dan mencerahkan kulit.

Tak hanya itu, vitamin C juga bisa mengurangi kemerahan pada kulit, serta membantu merangsang kolagen, menghasilkan warna dan tekstur kulit yang lebih sehat.

6. Gunakan tabir surya

Pemakaian tabir surya atau sunscreen termasuk cara terbaik dan termudah untuk menjaga kesehatan kulit bagi siapa saja. Tanpa penggunaan tabir surya, kulit akan mudah terpapar bahaya dari sinar UV yang dapat merusak warna hingga sel di dalamnya.

7. Pakai pelembab

Kulit kering akan terlihat kusam, dan cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan melembapkannya secara rutin. Untuk hasil terbaik, Campbell mengatakan sebaiknya gunakan pelembap setiap pagi dan sore hari.

Baca Juga: Sosok Mutiara Annisa Baswedan, Anak Anies Baswedan yang Baru Menikah

Di pagi hari, cucilah wajah dengan facial wash, oleskan produk seperti antioksidan seperti vitamin C, dan kemudian gunakan pelembap. Di malam hari, bersihkan kulit dengan mencuci wajah, gunakan produk perawatan kulit, dan kemudian pelembap.

8. Tidur yang cukup

Pada saat tidur, tubuh melepaskan hormon yang membantu memperbaiki sel dan jaringan, serta memulihkan kesehatan kulit. Tidur juga menghasilkan sitokin, yaitu senyawa yang membantu melawan infeksi, terutama yang memengaruhi kulit.

Bila kurang tidur, ada banyak risiko masalah kesehatan yang mengintai kulit, seperti wajah tampak kusam. Maka dari itu, usahakan untuk mendapatkan tidur yang cukup sebagai salah satu upaya membuat kulit wajah yang glowing permanen.

9. Gunakan sunscreen

Kulit yang menua dapat terlihat kusam, dan produk anti penuaan terbaik yang dapat digunakan adalah sunscreen. Campbell pun merekomendasikan sunscreen minimal SPF 30 harus diterapkan setiap hari sebagai langkah terakhir dalam rutinitas perawatan kulit sebelum merias wajah.

Aturan praktisnya, oleskan kembali sunscreen setiap dua jam jika berada di luar ruangan, dan oleskan kembali setelah berkeringat atau berenang. Bahkan jika tidak pergi keluar, Campbell merekomendasikan untuk mengoleskan sunscreen di pagi hari setelah menyelesaikan rutinitas perawatan kulit.

10. Pijat wajah

Cara lain membuat wajah glowing permanen adalah melakukan pijat wajah. Pijat wajah (facial massage) merupakan perawatan yang melibatkan titik-titik tekanan pada wajah, leher, dan bahu.

Ada banyak manfaat dari pijat wajah dan salah satunya yaitu mencerahkan kulit. Sejumlah orang yang melakukan pijat wajah merasakan kulit mereka lebih segar dan mengencang.

11. Kelola stres

Jika Anda stres, frustrasi, atau sedih, kulit wajah tentu akan terlihat kusam dan tidak bagus. Bahkan, stres yang berlebihan juga bisa menyebabkan masalah kulit, seperti jerawat.

Oleh sebab itu, kunci utama dari mendapatkan kulit wajah yang glowing secara permanen yaitu dengan mengelola stres. Mendapatkan ketenangan dan pikiran ternyata ikut berpengaruh terhadap tingkat kecerahan kulit.

Baca Juga: Selain Jamu, Ini 10 Cara Memperlancar ASI untuk Si Kecil

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menenangkan pikiran, antara lain:

- Meditasi atau latihan yoga,

- Melakukan hobi yang disukai, seperti berkebun,

- Rutin berolahraga, serta

- Mengawali serta mengakhiri hari dengan hal yang menyenangkan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga