Yuk, Rasakan 3 Manfaat Berenang di Air Laut

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 08 Agustus 2021
0 dilihat
Yuk, Rasakan 3 Manfaat Berenang di Air Laut
Berenang di laut lepas. Foto: Saidul Akram/Telisik

" Sebagian orang menikmati berenang di laut saat pergi ke pantai atau mengunjungi pulau kecil, hanya untuk bersenang-senang. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagian orang menikmati berenang di laut saat pergi ke pantai atau mengunjungi pulau kecil, hanya untuk bersenang-senang.

Namun, ada juga sebagian masyarakat yang berenang di laut lebih dari sekedar untuk bersenang-senang saat liburan. Pasalnya, air laut juga dipercaya dapat menjadi obat terhadap beberapa penyakit.

Mengutip wikipedia.com, air laut adalah air dari laut atau samudra. Air laut memiliki kadar garam rata-rata 3,5 persen. Artinya dalam 1 liter (1000 mL) air laut terdapat 35 gram garam (terutama, namun tidak seluruhnya, garam dapur AKA NaCl).

Sejumlah penelitian mengungkapkan berbagai manfaat air laut untuk kesehatan. Hal ini karena air laut kaya akan mineral, seperti natrium, klorida, sulfat, magnesium, dan kalsium.

Air laut bahkan sudah digunakan untuk terapi medis yang dikenal dengan thalassotherapy.

Melansir Kompas.com yang mengutip dari Daily Mail, bahwa, setidaknya ada tiga manfaat berenang di air laut:

Baca juga: Habbatussauda Jaga Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi, Ini Manfaatnya

Baca juga: Benarkah Biji Cabai Dapat Menyebabkan Usus Buntu? Ini Penjelasannya

1. Meredakan sinusitis

Berenang di laut yang mengandung garam dan mineral lainnya dipercaya dapat menurunkan gejala sinusitis, serta masalah pernapasan lainnya.

Seorang direktur layanan klinis dari medical charity Allergy di Inggris menyebut orang-orang yang hidup dekat laut atau sering berenang di laut memiliki sistem pernapasan yang sehat.

Air laut dinilai dapat membersihkan lapisan saluran udara atau sebagai irigasi hidung. Kandungan garam bersifat antiseptik dan membantu mengurangi peradangan pada lapisan sinus.

2. Meringankan psoriasis

Berenang di air laut yang kaya akan mineral alami telah lama digunakan untuk meringankan gejala psoriasis. Psoriasis adalah penyakit autoimun yang menyerang kulit. Psoriasis bisa berupa ruam, bersisik, kulit sangat kering, atau terkadang terasa gatal pada kulit.

Air laut yang mengandung magnesium dipercaya dapat meningkatkan kelembaban kulit. Selain itu, garam dan mineral berlimpah di air laut juga membantu mengatasi peradangan pada kulit.

Tak heran jika Laut Mati yang terletak di perbatasan Yordania dan Israel itu dikenal sebagai tempat untuk terapi psoriasis karena tingginya kandungan garam dan mineral lainnya.

3. Sehatkan mental

Berenang di laut yang bersih dan indah akan sangat menyenangkan. Merasa senang atau bahagia sangat membantu melepaskan stres.

Dalam bukunya Blue Mind tahun 2014, seorang ahli biologi kelautan Wallace J. Nichols menemukan mengapa orang-orang bisa relaksasi dan meditasi ketika berada di atas air laut ataupun saat di bawah laut.

Salah satu penyebabnya adalah pengaturan pernapasan selama berenang maupun menyelam. Pola pernapasan itu dapat merangsang sistem saraf parasimpatis hingga hormon yang memengaruhi otak secara positif. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga