11 Kapal Siap Layani Pemudik Idul Fitri di Nusa Tenggara Timur

Berto Davids, telisik indonesia
Jumat, 14 April 2023
0 dilihat
11 Kapal Siap Layani Pemudik Idul Fitri di Nusa Tenggara Timur
Di antara 11 kapal, KM Bukit Siguntang juga disiapkan untuk pemudik Idul Fitri di Nusa Tenggara Timur. Foto: Ist.

" Sebanyak 11 kapal, yakni 5 kapal penumpan dan 6 kapal perintis dari PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Kupang akan melayani para pemudik Idul Fitri di Nusa Tenggara Timur "

KUPANG, TELISIK.ID - Sebanyak 11 kapal, yakni 5 kapal penumpan dan 6 kapal perintis dari PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Kupang akan melayani para pemudik Idul Fitri di Nusa Tenggara Timur.

Kepala Cabang Pelni Kupang, Harianto Sembiring mengatakan, 5 kapal penumpang itu adalah KM Umsini, KM Awu, KM Bukit Siguntang, KM Wilis dan KM Sirimau.

"Selama ini 5 kapal itu sudah melayani penumpang di Nusa Tenggara Timur," katanya, Jumat (14/4/2023).

Baca Juga: Gubernur Sumatera Utara Pastikan Jalan Rusak Tak Hambat Pemudik, Kapolda Larang Truk Non Sembako Melintas

Sejauh ini kata dia, arus mudik di Nusa Tenggara Timur khususnya melalui Pelabuhan Tenau Kupang belum terlihat meningkat secara signifikan beberapa hari terakhir dengan beberapa rute pelayaran Pelni.

Jika dilihat dari jumlah pemudik dan tujuannya, rute Makassar justru lebih banyak dibandingkan dengan rute pelayaran lainnya. Hal itu karena banyak orang Bugis atau Makassar yang berdomisili di Kupang.

Lebih lanjut ia mengatakan, tak hanya 5 kapal penumpang, pihaknya juga menyiapkan 6 kapal perintis yang berlayar dan singgah di pelabuhan-pelabuhan kecil di pulau-pulau terpencil di wilayah Nusa Tenggara Timur hingga ke Maluku.

6 kapal perintis itu, kata dia, masing-masing Sabuk Nusantara 67, Sabuk Nusantara 87, Sabuk Nusantara 28, Sabuk Nusantara 108, Sabuk Nusantara 90, dan Sabuk Nusantara 104.

Baca Juga: 4 Tips Bantu Puasa Tidak Batal Saat Mudik

Sementara itu Presiden Joko Widodo meminta para kepala daerah mulai dari gubernur hingga bupati, wali kota yang wilayahnya menjadi tujuan mudik dapat melakukan persiapan menjelang masa mudik yang diperkirakan mencapai 123 juta orang.

"Para kepala daerah harus waspada dengan jumlah masyarakat yang akan mudik pada tahun ini. Dibandingkan tahun lalu," kata Presiden Joko Widodo dalam keterangan yang diperoleh Telisik.id dari Sekretariat Negara. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga