Pembersihan Seluruh Lingkungan Kolaka Timur Tiap Jumat Terus Berlanjut

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Jumat, 21 Oktober 2022
0 dilihat
Pembersihan Seluruh Lingkungan Kolaka Timur Tiap Jumat Terus Berlanjut
Kegiatan Jumat Bersih yang di lakukan setiap OPD di Kabupaten Kolaka Timur, untuk mewujudkan program Gemas. Foto: Ist.

" Kegiatan Jumat Bersih terus berlanjut di seluruh wilayah Kolaka Timur yang dimulai dari ibu kota, Kecamatan Tirawuta "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Kegiatan Jumat Bersih terus berlanjut di seluruh wilayah Kolaka Timur yang dimulai dari ibu kota, Kecamatan Tirawuta.

Diketahui, pada Jumat sebelumnya, Plt Bupati Koltim Abd Azis, SH telah mengeluarkan perintah tertulis terkait kegiatan Jumat Bersih, yang dimulai dari Tirawuta.

Pagi ini, seluruh OPD, kecamatan, desa dan kelurahan kembali turun membersihkan di wilayah masing-masing yang sudah ditentukan.

Seperti Sat Pol PP dan Damkar membersihkan area perbatasan Koltim-Konawe di Desa Tumbudadio, sehingga nampak bersih dan rapi.

Kegiatan Junat Bersih diharapkan mampu mendekatkan pemerintah dengan masyarakat. Foto: Ist.

 

Begitupun OPD lain terus bergerak ke lokasi masing-masing yang sudah ditentukan untuk membersihkan dan mengajak warga sekitar untuk turut berpartisipasi. Dan respon masyarakat sekitar sangat luar biasa.

Sebagaimana diketahui, perintah tertulis ini tertuang dalam Keputusan Bupati Kolaka Timur Nomor 188.45/292/2022 tentang Kegiatan Jumat Bersih di wilayah Ibu Kota Kabupaten Kolaka Timur.

Baca Juga: Nasib La Kore Tergantung Pimpinan DPRD Muna

Dalam keputusan ini, ditetapkan beberapa hal di antaranya, melaksanakan kegiatan pembersihan sampah pada saluran atau drainase, sungai dan lingkungan pemukiman dan perkantoran di wilayah kerja, rumah ibadah serta lingkungan tempat tinggal secara serentak pada setiap Jumat mulai pukul 07.00-selesai.

Camat Tirawuta, lurah dan kepala desa se-Kecamatan Tirawuta agar menggerakkan seluruh elemen masyarakat untuk melaksanakan kegiatan tersebut serta melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan kepada bupati melalui Kepala Dinas Lingkungan Hidup berupa laporan yang berisi foto kegiatan dan capaian kinerja kebersihan lingkungan.

“Saya tekankan kepada seluruh OPD untuk membersihkan wilayah sekitaran ibu kota Tirawuta. Selain untuk membuat lingkungan menjadi lebih bersih, ini juga akan membuat aparatur pemerintah dan masyarakat semakin dekat. Dan yang utama juga, aparatur itu tidak hanya di kantor, tapi sering-seringlah terjun langsung di masyarakat,” jelas bupati saat memulai kegiatan ini dua pekan lalu.

Ia berharap, dengan diawali dari masing-masing OPD, akan menular ke seluruh kecamatan, desa dan kelurahan hingga RT. Karena menurutnya, bila lingkungan bersih, maka hati juga akan bersih, sebab hati bersih maka semua aktifitas yang kita jalankan akan membuahkan hasil yang baik pula.

Di tempat yang berbeda Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Nyoman Abdi saat dihubungi melalui WhatsApp Jumat (21/10/2022) menuturkan, kegiatan jumat bersih ini masih berkaitan dengan program unggulan Bupati Kolaka Timur, Gemas.

Baca Juga: Jawa Timur dan Jawa Barat Tempatkan Warganya di Kawasan Transmigrasi Mutiara

"Program ini akan terus berlanjut sampai seterusnya, dan harapannya ini bisa berlangsung di seluruh wilayah Kolaka Timur,"  tambahnya.

Dia juga menuturkan, fokus untuk saat ini adalah membersihkan di area perkotaan yaitu di sekitar Rate-Rate dan Loea, serta jalan-jalan utama.

"Semoga ini bisa menjadi contoh untuk masyarakat Kolaka Timur untuk ikut menjaga kebersihan bersama," tegasnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga