adplus-dvertising

11 Tips Mengurangi Lemak di Perut pada Wanita, Apa Saja?

Sasmiraza, telisik indonesia
Kamis, 02 Juni 2022
1058 dilihat
11 Tips Mengurangi Lemak di Perut pada Wanita, Apa Saja?
Ukuran pinggang yang ideal tanpa adanya lemak di perut merupakan dambaan setiap wanita. Foto: Repro Liputan6.com

" Perut buncit juga bisa disebabkan oleh hormon seks, bertambahnya usia, menopause, adanya bakteri di usus, dan postur tubuh yang buruk "

KENDARI, TELISIK.ID - Memiliki perut buncit sudah seperti mimpi buruk bagi sebagian wanita. Perut yang gendut tentu akan memengaruhi penampilan seseorang.

Di samping itu, hal tersebut dapat memicu datangnya berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Tubuh yang ideal memang dambaan setiap orang, terutama wanita. Namun, tak sedikit wanita yang tanpa sadar melakukan berbagai aktivitas yang justru dapat mengakibatkan perut buncit, seperti malas berolahraga, stres, kurang tidur, hingga mengonsumsi alkohol.


Perut buncit juga bisa disebabkan oleh hormon seks, bertambahnya usia, menopause, adanya bakteri di usus, dan postur tubuh yang buruk.

Cara mengecilkan perut buncit pada wanita dapat Anda lakukan untuk mendapatkan tubuh yang kembali prima dan sehat. Lantas, apa saja caranya? Simak 10 ulasan selengkapnya berikut ini, dilansir dari berbagai sumber:

1. Pangkas Kalori

Untuk memangkas kalori, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi dan dokter pribadi. Namun, secara umum Anda dapat mulai mengurangi berbagai makanan dengan tinggi kalori seperti daging berlemak, jeroan, goreng-gorengan, dan lain sebagainya.

2. Mengonsumsi Sayuran

Mengonsumsi sayuran juga termasuk dari salah satu cara mengecilkan perut buncit pada wanita. Anda dapat memilih jenis sayuran dengan serat tinggi.

Baca Juga: Catat, Ini 5 Langkah Sederhana Atasi Stres yang Kamu Alami

Hal itu biasanya dapat ditemukan dalam sayuran hijau seperti bayam hingga brokoli. Bayam serta brokoli justru memiliki kadar protein tinggi yang baik bagi diet sehat Anda untuk mengecilkan perut.

3. Pilih Olahraga Kardio

Olahraga ini dapat dilakukan dengan mendayung, lari, serta bersepeda selama rata-rata 30 menit dalam sekali waktu.

Hal ini disebut cukup efektif untuk membakar kalori di bagian perut dan membentuknya agar kembali rata. Tak hanya perut, jenis olahraga kardio pun dianggap menyehatkan bagi organ penting seperti jantung.

4. Berjalan Minimal 30 Menit

Jika Anda pemula dalam berolahraga, cara mengecilkan perut buncit pada wanita dapat dilakukan dengan mulai berjalan kaki.

Lakukan hal ini secara rutin minimal selama 30 menit di pagi atau sore hari. Selain menyehatkan dan dapat membuat perut kembali rata, berjalan secara rutin juga dapat menyegarkan pikiran sehingga membuat produktivitas meningkat.

5. Olahraga dengan Posisi Berdiri

Hal ini dianggap cukup efektif dan menyehatkan bagi tubuh dibandingkan dengan melakukan olahraga sambil duduk.

Sebab, saat duduk, tubuh cenderung menahan beban pada satu titik tertentu di tengah-tengah tubuh. Sebaliknya, dengan berdiri justru membuat banyak otot di dalam tubuh dapat bekerja dengan maksimal untuk menahan tubuh.

6. Konsumsi Cuka Sari Apel

Selain itu, menggunakan cuka sari apel sebagai bahan pelengkap masakan juga dapat membantu Anda menurunkan kalori dan mengecilkan perut. Sebab, cuka apel ini mengandung bahan bermanfaat seperti asam asetat, asam folat, katekin, biotin, berbagai vitamin hingga fosfor. Selain itu, kandungan antioksidan serta antibakteri pada cuka dapat mengurangi lemak di bagian perut.

7. Hindari Makan dengan Cepat

Makanan yang tidak dikunyah dengan baik cenderung meningkatkan kinerja sistem pencernaan hingga memunculkan lemak pada bagian perut.

Selain itu, makan dengan cepat juga dapat mengakibatkan perut kembung. Maka dari itu, perhatikan ritme makan dan mulai pertimbangkan untuk mengunyah makanan dengan baik.

8. Batasi Asupan Garam

Selanjutnya, dengan cara membatasi segala asupan sodium dan natrium. Kedua kandungan inilah yang menyebabkan penumpukan air serta lemak di bagian perut.

Cara yang satu ini dapat dilakukan dengan memperhatikan bagan kandungan gizi yang tertera di setiap kemasan makanan. Untuk makanan olahan sendiri, sebaiknya batasi penggunaan garam maksimal 1 sdt per hari.

9. Hindari Minuman Karbonasi

Minuman berkarbonasi banyak mengandung gas yang dapat terperangkap di dalam perut sehingga memicu perut membuncit.

Maka dari itu, hindari untuk mengonsumsi minuman berkarbonasi dalam jumlah yang berlebihan. Sebagai solusinya, ganti minuman dengan jenis yang lebih menyehatkan bagi perut dan tubuh secara umum.

10. Penuhi Kebutuhan Air Putih

Air putih membantu mengecilkan perut dengan meningkatkan sistem metabolisme dan membakar lemak menjadi energi. Oleh karena itu, selalu penuhi kebutuhan air putih dengan mengonsumsinya sebanyak 8 gelas per hari.

11. Kelola Stres dengan Baik dan Istrahat yang Cukup

Stres sering dikaitkan sebagai salah satu penyebab perut buncit. Saat Anda stres, terutama stres berat, akan memicu pelepasan hormon stres secara berlebihan. Kadar hormon stres yang tinggi dapat berpengaruh terhadap peningkatan nafsu makan dan penurunan kualitas tidur yang bisa memicu penumpukan lemak di perut.

Untuk membantu mengelola stres dengan baik, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan dan menangkan, termasuk yoga atau meditasi. Setelah itu, pastikan untuk tidur yang cukup dan berkualitas, minimal 7 jam setiap malam.

Baca Juga: Bibir Kering? Ini 7 Cara Mengatasi Secara Alami

Bagi wanita, ukuran pinggang yang ideal adalah tidak lebih dari 88 cm. Jika lebih, itu berarti menunjukkan tingkat konsentrasi lemak perut yang tidak sehat dan risiko masalah kesehatan yang lebih besar.

Berbagai cara mengecilkan perut buncit pada wanita yang telah disebutkan di atas mungkin bisa sangat membantu Anda. Namun, dibutuhkan usaha dan ketekunan dalam menjalaninya.

Jadi, untuk mengecilkan perut buncit sekaligus mencegahnya muncul kembali, lakukanlah berbagai cara di atas secara konsisten. Bila perlu, Anda bisa konsultasi dulu dengan dokter untuk mendapatkan saran yang tepat mengenai cara mengecilkan perut buncit pada wanita, sesuai kondisi kesehatan Anda. (C)

Penulis: Sasmiraza

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga