12 Tips Dampingi Anak Bermain di Rumah, Orang Tua Wajib Tahu

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 25 Desember 2022
0 dilihat
12 Tips Dampingi Anak Bermain di Rumah, Orang Tua Wajib Tahu
Bermain merupakan dunia anak-anak. Bermain juga sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Foto: Repro enervon.co.id

" Orang tua tidak hanya harus memenuhi kebutuhan anak saja, tapi juga sebisa mungkin dapat mendampingi anak, termasuk saat bermain di rumah "

KENDARI, TELISIK.ID - Orang tua tidak hanya harus memenuhi kebutuhan anak saja, tapi juga sebisa mungkin dapat mendampingi anak, termasuk saat bermain di rumah.

Pada dasarnya, dikutip dari parenting.co.id, bermain merupakan dunia anak-anak. Bermain juga sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Segudang manfaat bisa didapatkan: Anak perlu bermain untuk menyalurkan energinya yang besar, bermain membuat anak-anak lebih ceria dan dengan bermain mereka bisa belajar peran tertentu serta membantu mengendalikan kontrol tubuhnya.

Olehnya itu, penting bagi orang tua untuk seringkali menemani anak bermain di rumah agar dapat mendekatkan emosional anak dan orang tua.

Baca Juga: 5 Cara Jitu Membuka Bisnis dari Rumah

Melansir kompas.com yang merangkum modul pembelajaran jenjang PAUD yang dikeluarkan oleh Direktorat PAUD Kemendikbud, berikut beberapa tips praktis untuk orang tua saat dampingi anak bermain di rumah:

1. Menciptakan suasana bermain yang menyenangkan bersama anak di rumah.

2. Bermain hendaknya disesuaikan dengan kemampuan anak.

3. Melakukan berulang kali suatu cara bermain sehingga anak lebih terampil tanpa ada paksaan.

4. Tidak memaksakan anak apabila anak tidak berminat untuk bermain.

5. Alat main harus aman bagi anak dan hindari benda mudah pecah/tajam dan beracun.

6. Meletakkan alat main di tempat yang mudah dijangkau.

7. Pada setiap kegiatan anak, orang tua diharapkan selalu bercakap-cakap dengan anak dan memberikan pertanyaan terbuka (yaitu pertanyaan yang memiliki banyak pilihan jawaban, bukan yang dijawab ya atau tidak).

8. Bersikap sabar dan suportif.

9. Menjadi contoh bagi anak karena anak akan meniru apa yang dilakukan oleh orang dewasa.

Baca Juga: Catat, Ini 4 Cara Ampuh Mengurangi Gula Berlebih Lewat Kebiasaan Sehari-hari

10. Mengajak anak untuk terlibat dalam kegiatan sehari-hari di rumah, seperti membantu memasak di dapur, membereskan tempat tidur, membersihkan kamar mandi, dan menyapu halaman.

11. Orang tua dapat menciptakan lagu, permainan, dan alat permainan sendiri yang menarik bagi anak dengan cara mengganti dengan yang baru, mengubah atau memodifikasi apa yang telah ada sehingga anak tidak merasa bosan dengan apa yang telah mereka kuasai.

12. Membebaskan anak untuk selalu menjelajahi, menemukan, dan mempelajari sesuatu berdasarkan apa yang anak ingin ketahui.

Nah, itulah tips praktis bagi orang tua ketika menemani anak bermain di rumah. Selamat mencoba. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga