15 Kelompok Tani Buton Utara Keciprat Bantuan Alsintan

Aris, telisik indonesia
Kamis, 18 Agustus 2022
0 dilihat
15 Kelompok Tani Buton Utara Keciprat Bantuan Alsintan
Bupati Buton Utara Ridwan Zakariah didampingi Wakil Bupati Ahali dan Kepala Dinas Pertanian Yusuf saat mengecek Alsintan yang diserahkan kepada 15 kelompok tani. Foto: Aris/Telisik

" Bupati Ridwan Zakariah mengatakan, petani harus rajin dan menjadi petani teladan, kemudian bisa meningkatkan produktifitas "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Sebanyak 15 kelompok tani di Kabupaten Buton Utara menerima bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) pasca panen, berupa corn sheller atau mesin perontok jagung dan power thresher atau mesin perontok padi dari Pemkab.

Alsintan tersebut diserahkan oleh Bupati Muh Ridwan Zakariah didampingi Wakil Bupati Ahali dan Kepala Dinas Pertanian Yusuf, di kantor Dinas Pertanian Kabupaten Buton Utara, Kamis (18/8/2022).

Bupati Ridwan Zakariah mengatakan, petani harus rajin dan menjadi petani teladan, kemudian bisa meningkatkan produktifitas.

Ridwan Zakariah berujar, jika produktifitas petani meningkat, berarti pendapatan meningkat.

"Anak-anaknya bisa bersekolah, bisa beli baju baru, bisa beli TV, bisa beli motor. Itu yang pertama," ujar Ridwan Zakariah kepada sejumlah wartawan.

Kata Ridwan, sesama petani harus bisa bekerjasama dalam kelompok tani, agar saling mengisi apa yang menjadi kekurangan dari petani.

Baca Juga: Resmikan Pintu Gerbang Perkantoran, Camat Besulutu: Keinginan Masyarakat Tersampaikan

"Itu namanya kerja sama yang bagus. Kemudian juga, keterlibatan masyarakat di luar petani saya kira perlu dilibatkan, karena tujuan kita kan untuk memeratakan pendapatan," ujar Ridwan.

Tempat sama, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buton Utara, Yusuf mengungkapkan, bantuan tersebut untuk perangsang para petani bahwa pemerintah memperhatikan petani di Buton Utara.

Tetapi kata Yusuf, petani juga harus bisa berpartisipasi untuk membuka lahan. Hal itu ia sampaikan karena di Buton Utara mempunyai lahan tidur yang cukup luas sekitar 30 ribu hektare.

"Jadi lahan yang dikerjakan, lahan yang bekerja, orangnya tidur. Jangan lahannya tidur, orangnya kerja setengah mati," ujar Ketua Nahdlatul Ulama Kabupaten Buton Utara ini.

Yusuf menambahkan, bantuan Alsintan yang diberikan kepada sejumlah kelompok tani tersebut, akan diawasi oleh penyuluh pertanian dan pihak prasarana dan sarana pertanian, meski bantuan tersebut sudah diserahkan kepada kelompok tani.

"Tetap kita pantau, kalau tidak dipantau itu bisa dijual, bisa jadi besi tua," sebutnya.

Baca Juga: Cakades Wajib Kantongi Surat Bebas Narkoba dari BNNK Muna

Sementara itu, salah seorang ketua kelompok tani, Amuliddin yang menerima bantuan Alsintan mengaku, adanya bantuan mesin perontok jagung tersebut, akan mempermudah dan mempercepat memipil jagung.

"Dengan adanya alat ini mudah-mudahan warga bisa tertarik mau tanam jagung," kata Ketua Kelompok Tani Lagundi Jaya.

Untuk diketahui, 15 kelompok tani penerima bantuan Alsintan tersebut yaitu kelompok tani Suka Damai, Lanoipi Tani Mandiri, Pade Angen, Bucu Berkembang, Tangkawali, Hijau Bumi Tomoahi, Kampenalo, Lagundi Jaya, Walembu Jaya, Usaha Tani, Sumber Maju, Bina Lestari, Lobu Jaya, Lagito 01 dan kelompok tani Sinar Roko. (A)

Penulis: Aris

Editor: Kardin

Baca Juga