2 ASN Kolaka Timur Dipecat, 5 Dikenai Sanksi Disiplin Berat dan Sedang

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 03 Juli 2023
0 dilihat
2 ASN Kolaka Timur Dipecat, 5 Dikenai Sanksi Disiplin Berat dan Sedang
Penjatuhan sanksi pemecatan, saknsi berat dan sedang terhadap sejumlah ASN di Kabupaten Kolaka Timur. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Pemda Kolaka Timur menjatuhkan saksi pemecatan terhadap dua ASN, serta lima lainnya diberi hukuman disiplin berat dan sedang "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Pemda Kolaka Timur menjatuhkan saksi pemecatan terhadap dua Aparatur Sipil Negara (ASN), serta lima lainnya diberi hukuman disiplin berat dan sedang.

Pemberian sanksi ini, berdasarkan rangkuman putusan Hasil Sidang Tim Majelis Disiplin dan Kode Etik ASN Lingkup Pemda Koltim, Nomor: 800.1.6.2/876/BKPSDM/2023, yang dibacakan Kepala BKPSDM Kolaka Timur, Abraham, saat apel gabungan di halaman Rujab Bupati Kolaka Timur, Desa Matabondu, Senin (3/7/2023).

Kedua ASN yang dipecat tersebut adalah Ririn Wijaya yang bertugas di Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kolaka Timur, dan Ali Marwan, staf Dinas Perdagangan Perindustrian, Koperasi dan UKM.

Sedangkan lima ASN yang dijatuhi hukuman disiplin berat dan sedang, adalah M. Nasir Musa, ASN Kantor Kecamatan Dangia, dan Harlianto ASN Satuan Pol PP Kebakaran dan Linmas Kolaka Timur, keduanya hukuman disiplin berat, berupa pembebasan dari jabatannya menjadi jabatan pelaksana selama 12 bulan, tidak diberikan TPP untuk jangka waktu satu tahun.

Selain itu keduanya diberikan masa percobaan enam bulan, apabila tetap lalai dalam melaksanakan tugas, akan diberikan sanksi hukuman displin berat berupa pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri tanpa proses persidangan.

Baca Juga: Sanksi Menanti Kepala Desa di Muna Barat Jika Terlibat Politik Praktis

Untuk ketiga ASN yang diberikan hukuman disiplin sedang adalah, Ramla Patta Maulu ASN Satuan Pol PP Kebakaran dan Linmas Kolaka Timur, Indra Pradja A ASN Bagian Umum Setda dan Jumardin ASN Kantor Kecamatan Lambandia. Ketiganya dihukum berupa penurunan dan penundaan pangkat setingkat lebih rendah selama satu tahun.

Kemudian, tidak diberikan TPP untuk jangka waktu enam bulan. Lalu, masa percobaan enam bulan, dan apabila tetap lalai dalam melaksanakan tugas, akan diberikan sanksi hukuman displin berat, berupa pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan.

Keputusan ini sebut Abraham, berdasarkan hasil musyawarah Tim Majelis Disiplin dan Kode Etik ASN Lingkup Pemda Kolaka Timur yang dipimpin Sekda Kolaka Timur, Andi Muh Iqbal Tongasa, Senin 12 Juni 2023, di aula Kantor Inspektorat Kolaka Timur, dan berdasarkan pengembangan permintaan keterangan kepada yang terduga dan kepada kepala unit kerjanya serta pengembangan alat-alat bukti yang ada, terbukti secara meyakinkan telah melanggar kewajiban ketentuan masuk kerja dan menaati ketentuan jam kerja.

“Untuk itu, diharapkan kepada semua ASN lingkup Pemda Kolaka Timur untuk terus meningkatkan kedisiplinan. Kami tidak pandang bulu, suka atau tidak suka. Tetapi berdasarkan aturan yang berlaku,” tegas Sekda Andi Muhammad Iqbal Tongasa.

Baca Juga: Masih Ada ASN Kolaka Utara Tambah Libur, Sanksi Menanti

Hal senada ditegaskan Plt Bupati Kolaka Timur, Abd Azis. Baginya, siapapun itu, jika aparatur yang bertugas di Kolaka Timur, wajib untuk meningkatkan kedisiplinan.

Lanjut Azis, karena dalam aturan, sudah tegas dan jelas berapa akumulasi ketidakhadiran seorang ASN untuk disidangkan dan diberi sanksi.

“Berikanlah pelayanan yang maksimal kepada masyarakat dan Pemda Kolaka Timur. Kalau disiplin bagus, maka apa yang kita rencanakan dan inginkan, pasti bisa terjawab,” pintanya. (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga