285 Jemaah Haji Tiba di Kendari 5 Agustus, Penjemput Maksimal Dua Orang

Musdar, telisik indonesia
Kamis, 28 Juli 2022
0 dilihat
285 Jemaah Haji Tiba di Kendari 5 Agustus, Penjemput Maksimal Dua Orang
Kemenag Kota Kendari menyiapkan dengan matang persiapan pemulangan 285 jemaah haji asal Kota Kendari pada 5 Agustus 2022. Foto: Musdar/Telisik

" 285 jemaah haji akan tiba di Kota Kendari pada 5 Agustus mendatang, terbagi dalam dua kloter "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebanyak 285 jemaah haji akan tiba di Kota Kendari pada Agustus mendatang. Kepulangan jemaah dibagi dalam dua kloter.

Kloter pertama berjumlah 136 jemaah. Mereka akan diterbangkan dari Bandara Hasanuddin Makassar pada 5 Agustus 2022 pukul 07.40 Wita dan diperkirakan tiba di Bandara Haluoleo pukul 08.50 Wita.

Kloter kedua berjumlah 149 jemaah. Mereka akan diterbangkan dari Bandara Hasanuddin Makassar pada 5 Agustus 2022 pukul 11.10 Wita dan diperkirakan tiba di Bandara Haluoleo pukul 12.20 Wita.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kota Kendari, Sunardin mengatakan, Kemenag sudah menggelar 3 kali rapat terkait persiapan kepulangan jemaah.

Dari rapat yang dilakukan bersama pihak bandara, pemerintah kota maupun internal Kemenag ada beberapa hal, termasuk teknis penjemputan jemaah telah disepakati.

Baca Juga: DPRD Sulawesi Tenggara Siap Laporkan PT OSS dan VDNI ke Jakarta Jika 3 Kali Mangkir RDP

Kepulangan jemaah nantinya pihak keluarga diharapkan untuk tidak menjemput di bandara. Keluarga boleh menjemput di asrama haji. Meski dibolehkan, jumlah penjemput dibatasi maksimal 2 orang. Hal ini untuk menghindari membludaknya penjemput di tengah pandemi COVID-19 yang belum usai.

Sunardin menjelaskan, bagi keluarga yang ingin menjemput, sudah dapat mengambil pass masuk asrama haji di kantor Kemenag Kota Kendari.

"Pass-nya sudah bisa diambil besok untuk masing-masing keluarga jemaah. Keluarga jemaah bisa masuk 2 orang, 1 supir 1 penjemput," ucap Sunardin, Kamis (28/7/2022).

Kemenag Kota Kendari juga dibantu 40 personel kepolisian dan 10 personel POM yang akan bertugas di asrama haji.

"Kemudian panitia yang sudah di-SK-kan Kementerian Agama itu kurang lebih ada 60 orang yang nanti akan bekerja untuk melayani jemaah haji demi tertibnya penerimaan (jemaah haji yang tiba)," ungkapnya.

Sementara itu, Marwijid selaku ketua kloter 6 yang mendampingi jemaah haji Kota Kendari dan jemaah haji beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara mengatakan bahwa saat ini seluruh jemaah dalam kondisi sehat walafiat dan siap untuk kembali ke Tanah Air pada 3 Agustus mendatang.

Baca Juga: 1.716 Mahasiswa UHO Ikuti Wisuda Periode April-Juli 2022

Para jemaah akan terbang dari terminal haji Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah pada 3 Agustus dan diperkirakan tiba di embarkasi Makassar pada 4 Agustus, waktu subuh.

Kemudian jemaah menginap satu malam di Asrama Haji Makassar dan esoknya diterbangkan ke Kota Kendari.

"Alhamdulillah jemaah haji asal Kota Kendari pada umumnya kondisinya baik dan sehat," tutupnya. (B)

Penulis: Musdar

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga