3 Fakta Elon Musk Ingin Uji Coba Neuralink pada Manusia

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 03 Desember 2022
0 dilihat
3 Fakta Elon Musk Ingin Uji Coba Neuralink pada Manusia
Elon Musk, CEO Tesla, menargetkan penerapan chip ke otak manusia. Foto: Repro Idxchannel.com

" Elon Musk menargetkan penerapan chip otak nirkabel, Neuralink yang dikembangkan oleh perusahaannya pada manusia "

NEW YORK, TELISIK.ID - Siapa yang tak mengenal Elon Musk, CEO Tesla yang sempat membuat heboh dengan kelakuannya. Kini ia membuat ulah lagi. Ia menargetkan penerapan chip otak nirkabel, Neuralink yang dikembangkan oleh perusahaannya pada manusia.

Melansir dari Wikipedia.com, Neuralink adalah sebuah perusahaan neuroteknologi asal Amerika yang didirikan oleh Elon Musk dan lainnya yang bertujuan mengembangkan antarmuka otak–komputer terimplantasi. Markas perusahaan ini berada di San Francisco, berdiri sejak 2016 dan pertama kali merilis laporan kepada khalayak umum pada Maret 2017.

Terdapat beberapa alasan mengenai keinginannya tersebut, antara lain:

1. Memungkinkan pasien yang cacat untuk bergerak dan berkomunikasi lagi

Elon Musk mengatakan, Neuralink akan memulihkan penglihatan dan memungkinkan pergerakan otot pada orang yang tidak dapat bergerak.

Baca Juga: 3 Fakta Gates Of Alexander: Tembok Penghalang Yajuj dan Majuj

"Bahkan jika seseorang tidak pernah memiliki penglihatan, seperti mereka dilahirkan buta, kami percaya kami masih dapat memulihkan penglihatan," katanya dikutip dari Tempo.co.

2. Melakukan pelanggaran saat uji coba pada hewan

Dilansir dari Republika.co.id, perusahaan ini telah melakukan banyak uji coba kontroversial pada hewan. Awal tahun ini, kelompok hak hewan Komite Dokter untuk Pengobatan yang Bertanggung Jawab (PCRM) menuduh Neuralink melakukan beberapa pelanggaran terhadap Undang-Undang Kesejahteraan Hewan dan mengeluh tentang perawatan hewan yang tidak memadai untuk monyet pada penelitian mereka.

Baca Juga: WMO Sebut Kehidupan Manusia di Masa Depan Akan Krisis Air

Namun, Neuralink membantah dengan mengatakan perusahaan berkomitmen untuk bekerja dengan hewan dalam cara yang paling etis. PCRM mengklaim Neuralink membunuh setidaknya 15 monyet yang ditanamkan dengan chip otak selama uji coba.

3. Diterapkan enam bulan ke depan

Mengutip Viva.co.id, Elon Musk berharap perangkat nirkabel yang dikembangkan oleh perusahaan chip otak miliknya, Neuralink, akan memulai uji klinis pada manusia dalam enam bulan ke depan. Dia ingin mengembangkan sebuah chip yang memungkinkan otak untuk mengontrol perangkat elektronik yang kompleks. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga