3 Fobia Aneh ini Ternyata Beneran Ada

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 06 Januari 2023
0 dilihat
3 Fobia Aneh ini Ternyata Beneran Ada
Fobia adalah ketakutan seorang akan suatu objek, barang atau keadaan. Beberapa dari manusia di dunia ternyata punya fobia unik. Foto: Ners.unair.com

" Beberapa manusia punya fobianya masing-masing, fobia sendiri adalah situasi ketakutan besar seseorang terhadap suatu objek seperti barang,keadaan atau manusia "

KENDARI, TELISIK.ID - Beberapa manusia punya fobianya masing-masing, fobia sendiri adalah situasi ketakutan besar seseorang terhadap suatu objek seperti barang,keadaan atau manusia.

Dikutip dari Purwokerto.suara.com dan Liputan6.com, berikut berbagai jenis fobia unik yang jarang diketahui:

1. Arithmophobia (Ketakutan pada Angka)

Sebagian besar orang menganggap bahwa matematika itu menyeramkan karena memiliki banyak angka. Siapa sangka bila angka bisa menjadi salah satu ketakutan yang kemudian tumbuh menjadi suatu fobia tertentu?

Baca Juga: Sering Angkat Beban Berat Wanita Sulit Hamil? Ini Penjelasannya

Arithmophobia adalah rasa takut terhadap angka atau disebut juga dengan numerophobia. Mereka biasanya mengalami kecemasan terkait dengan mengerjakan soal matematika atau menghadapi angka secara umum.

Arithmophobia ini dapat mengganggu kehidupan seseorang yang menderitanya, dikarenakan sulit mengerjakan tugas atau pekerjaan yang berkaitan dengan angka. 

2. Ambulophobia (Takut Berjalan)

Ambulophobia adalah ketakutan untuk berjalan. Kondisi ini bisa menyebabkan gangguan serius dalam kehidupan dan kemampuan seseorang untuk bekerja.

Dilansir dari Verywellmind, ketakutan untuk berjalan cenderung jauh lebih umum terjadi pada orang dewasa atau orang yang sudah berumur. Hal ini disebabkan oleh faktor resiko, seperti masalah keseimbangan, pusing, masalah persendian, osteoporosis, dan gangguan penglihatan.

Efek samping yang terjadi kemungkinan besar meningkatkan risiko jatuh dan cedera yang serius. Dalam peneltian terhadap 379 orang, peneliti menemukan bahwa 30,1 persen memiliki gejala ambulophobia.

Baca Juga: Begini Proses Tubuh Manusia Terurai Pasca Meninggal di dalam Kubur

Diantaranya, wanita yang berusia di atas 70 tahun. Pasalnya, rasa takut berjalan berasal dari keinginan untuk mengurangi risiko jatuh sehingga sulit bagi orang untuk meninggalkan tempat tidur maupun rumah mereka. Beberapa faktor yang signifikan terjadi pada ampulophobia, yakni kondisi depresi, penyakit Parkinson, hipotensi postural, dan riwayat jatuh.

3. Ochtophobia (Ketakutan pada Angka 8)

Kali ini, sedikit lebih spesifik, sebab octophobia memiliki ketakutan yang berlebih terhadap angka delapan. Orang yang memiliki octophobia takut kepada simbol delapan seperti yang tertulis di alamat atau iklan.

Mereka juga takut pada objek yang ditampilkan dalam kelompok berjumlah delapan orang. Fobia ini bisa jadi muncul karena adanya peristiwa traumatis yang melibatkan angka delapan. Misalnya, kecelakaan yang terjadi pada tanggal delapan. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga