3 Jam Autopsi Ulang Jenazah Brigadir J, Hasilnya Ternyata Begini

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 27 Juli 2022
0 dilihat
3 Jam Autopsi Ulang Jenazah Brigadir J, Hasilnya Ternyata Begini
Hasil autopsi ulang jenazah Brigadir J akan disampaikan oleh Ketua Umum Perhimpunan Dokter Forgensik Indonesia, Ade Firmansyah. Foto: Merdeka.com

" Jenazah Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J telah selesai diautopsi kurang lebih 3 jam di RSUD Sungai Bahar, Muaro Jambi, Jambi "

JAMABI, TELISIK.ID - Jenazah Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J telah selesai diautopsi kurang lebih 3 jam di RSUD Sungai Bahar, Muaro Jambi, Jambi. Keluarga Brigadir J menangis histeris ketika jenazah Brigadir J diautopsi ulang.

Terlihat keluarga turut hadir di RSUD Sungai Bahar, Muaro Jambi. Keluarga yang histeris berada di depan ruang autopsi.

Setelah diautopsi ulang, jenazah Brigadir J akan kembali dimakamkan. Petugas kepolisian terlihat sudah membawa peti jenazah Brigadir J untuk dikembalikan ke pemakaman.

Terkait pihak yang menyampaikan hasil otopsi ulang ini, Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengaku hasil autopsi nanti akan disampaikan oleh ahlinya.

“Saya tidak berkompeten untuk menyampaikan hal tersebut sesuai dengan bidangnya,” ujar Dedi,

Ia menjelaskan bahwa nantinya yang akan menyampaikan hasil autopsi ulang Brigadir J kemungkinan adalah Ketua Umum Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia, Ade Firmansyah Sugiharto selaku tim dokter forensik yang menjalankannya.

“Ya nanti dari dokter Ade yang langsung melaksanakan autopsi ulang yang berkompeten bisa menyampaikan,” ujarnya dilansir tvOnenews.com

Dedi juga menegaskan, tidak semua informasi akan dibeberkan ke publik. Ia menjelaskan berdasarkan Pasal 17 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2014 tentang keterbukaan informasi publik, bahwa keterbukaan informasi sifatnya ada pengecualian dan limitatif.

“Karena untuk proses penyelidikan dan penyidikan, nanti yang buka hasilnya di persidangan. Diuji nanti oleh hakim, apakah seluruh alat bukti yang dihadirkan penyidik di persidangan sudah sesuai atau belum dengan peristiwa yang terjadi,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta dukungan seluruh lapisan masyarakat. Untuk ikut mengawasi proses pengungkapan kasus baku tembak antar anggota Polri.

Peristiwa menewaskan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

"Kami minta semuanya ikut mengawasi. Sehingga transparansi dan akuntabilitas dari hasil pemeriksaan bisa dipertanggungjawabkan kepada publik, berjalan lancar, baik, dan memenuhi rasa keadilan yang ditunggu publik," kata Sigit dilansir Suara.com jaringan Telisik.id.

Baca Juga: Sosok Wanita Misterius di Kasus Tewasnya Brigadir J Terungkap, PNS Pemberani

Jenderal bintang empat itu menyebutkan Tim Khusus Internal Polri saat ini bekerja untuk mengungkap kebenaran kasus tersebut.

Begitu pula Tim Eksternal Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) sesuai tugas dan tanggungjawabnya ikut mengawal proses pengungkapan kasus tersebut.

"Rekan-rekan sudah mengikuti, saat ini Timsus Internal Polri, Kompolnas, dan Komnas HAM sedang bekerja," ujarnya.

Baca Juga: Makam Dibongkar, Ibu Brigadir J Histeris, Sebut Nama Istri Ferdy Sambo

Menurut mantan Kabareskrim Polri itu, apa yang sudah dikerjakan tim disampaikan kepada masyarakat. Karena publik menaruh perhatian khusus kepada kasus ini.

Baru-baru ini, kata dia, semua kegiatan yang dilakukan timsus telah dipresentasikan Komnas HAM terkait apa yang telah didapatkan. Seperti pemeriksaan para ajudan Irjen Pol Ferdy Sambo, termasuk Bharada Richard Elizer (Bharada E) hadir dalam pemeriksaan tersebut. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga