3 Jenis Beras Tak Bikin Gula Darah Naik, Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 18 September 2023
0 dilihat
3 Jenis Beras Tak Bikin Gula Darah Naik, Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes
Salah satu aspek penting dalam menjaga kadar gula darah adalah pola makan yang sehat. Foto: Repro Okezone.com

" Beberapa jenis beras tetap aman dikonsumsi bagi penderita diabetes karena punya tingkat gula yang rendah dibanding beras biasa "

KENDARI, TELISIK.ID - Nasi adalah salah satu makanan yang perlu dihindari bagi penderita diabetes. Hal ini karena nasi sebagai karbohidrat punya tingkat gula yang tinggi yang bisa memicu naiknya gula darah.

Namun Anda jangan khawatir, beberapa jenis beras tetap aman dikonsumsi bagi penderita diabetes karena punya tingkat gula yang rendah dibanding beras biasa.

Dilansir dari Cnninndonesia.com dan Tiness.com, mulai sekarang Anda bisa beralih ke jenis beras yang aman untuk diabetes berikut ini.

1. Beras merah

Bukan rahasia lagi, beras merah selalu jadi pilihan yang lebih sehat. Beras ini kaya akan serat. Dokter gizi Johanes Casay Chandrawinata mengatakan, kandungan serat pada beras merah bisa memicu perasaan kenyang lebih lama. Serat juga memperlancar metabolisme dan sistem pencernaan.

Baca Juga: 7 Makanan Pantang Dikonsumsi Penderita Diabetes

"Beras ini cocok untuk yang diet atau ingin menurunkan gula darah," ujar Johanes dalam sebuah wawancara dengan CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.

2. Beras hitam

Selain beras merah, Anda juga bisa mencoba beras hitam. Jenis beras satu ini kaya antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari berbagai jenis kerusakan akibat paparan radikal bebas, termasuk di antaranya diabetes.

Baca Juga: 6 Bahan Herbal Dapat Obati Penyakit Diabetes

Sama seperti beras merah, beras hitam juga memicu rasa kenyang yang bertahan lama. Anda tak perlu khawatir kembali lapar dan makan terlalu banyak.

3. Beras basmati

Beras satu ini biasa digunakan untuk membuat sajian nasi kebuli. Beras ini juga cocok untuk penderita diabetes. Beras basmati mengandung magnesium yang cukup tinggi. Magnesium sendiri berperan dalam regulasi insulin.

Dengan mengonsumsi beras basmati, produksi insulin bisa menjadi lebih baik dan mencegah kenaikan gula darah. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga