3 Komoditas Ini Disubsidi Gegara Harga Masih Tinggi di Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Senin, 03 April 2023
0 dilihat
3 Komoditas Ini Disubsidi Gegara Harga Masih Tinggi di Muna Barat
Pasar murah yang digelar oleh Pemda Muna Barat di Kecamatan Wadaga. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Keluhan masyarakat terhadap kenaikkan harga bahan pokok di pasaran membuat pemerintah daerah subsidi harga sebesar Rp70.000 bagi tiga komoditas "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Keluhan masyarakat terhadap kenaikkan harga bahan pokok di pasaran membuat pemerintah daerah subsidi harga sebesar Rp70.000 bagi tiga komoditas.

Diketahui, selama ini pasar murah yang digelar dalam menekan inflasi daerah, pemerintah hanya membagikan kupon sekitar 16 persen dari jumlah Kartu Keluarga (KK) yang ada di wilayah Muna Barat, khususnya bagi warga miskin.

Namun, mengingat seluruh warga terdampak kenaikkan harga sembako, maka pemerintah daerah berinisiatif untuk mengakomodir seluruh masyarakat di wilayah Muna Barat dengan membagikan 26.020 kupon sembako murah.

Baca Juga: Plt Kadis PUPR Muna Barat Mengundurkan Diri, Pj Bupati Ngaku Tak Tahu

"Jadi ini bukan hanya warga miskin saja, semua golongan mendapat kupon pasar murah, baik ASN dan keluarga mampu," ungkap Pj Bupati Muna Barat Bahri, Senin (3/4/2023).

Hal itu dilakukan sebagai tindak lanjut dalam mengantisipasi adanya kenaikan harga pangan dan menstabilkan harga pada 20 komoditas terutama beras saat bulan ramadan hingga menjelang hari raya idul fitri mendatang.

Untuk paket sembako yang disalurkan ke masyarakat yakni beras 5 kilo gram, gula pasir 1 kilo gram, dan minyak goreng sedaap 1 liter seharga Rp70.000, jika dibandingkan dengan harga pasar mencapai Rp110.000 untuk tiga komoditas tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Muna Barat, La Ode Aka mengatakan, pasar murah diadakan untuk tiap kecamatan yang ada di Muna Barat.

"Hari ini kan Wadaga, jadi besok Kecamatan Lawa, 11 kecamatan di Muna Barat dengan seluruh masyarakatnya terakomodir," ungkapnya.

Baca Juga: DPRD Godok Usulan Nama Calon Pj Bupati Muna Barat

Sistem pemenuhan sembako murah ini disuplai dari distributor yang bekerja sama dengan bulog, itu juga sebagai langkah menyejahterahkan pengusaha lokal.

Ia mengatakan, untuk telur ayam akan diberikan pada pasar murah yang akan digelar sebelum hari raya Idul Fitri 2023, mengingat telur saat ini mengalami kenaikkan hingga Rp60.000.

"Telur ayam nanti diadakan sebanyak 26.020 rak juga, tetapi nanti saat pasar murah selanjutnya," tutupnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga