3 Lembaga di Kolaka Utara Dapat Dana Hibah dari Pemerintah Daerah Rp 16,59 Miliar

Muh. Risal H, telisik indonesia
Selasa, 29 November 2022
0 dilihat
3 Lembaga di Kolaka Utara Dapat Dana Hibah dari Pemerintah Daerah Rp 16,59 Miliar
Pj Bupati Kolaka Utara, Parinringi, S.E., M.Si ketika menyampaikan proyeksi APBD tahun 2023 termasuk dana hibah untuk Intens Muhammadiyah, KONI, dan KPU Kolaka Utara. Foto: Diskominfo Kolaka Utara

" Pemerintah Daerah Kolaka Utara bersama DPRD sepakat menghibahkan anggaran sebesar Rp 16,59 miliar untuk tiga lembaga yang ada di Kabupaten Kolaka Utara "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah Kolaka Utara bersama DPRD sepakat menghibahkan anggaran sebesar Rp 16,59 miliar untuk tiga lembaga yang ada di Kabupaten Kolaka Utara.

Ketiga lembaga tersebut, yakni Institut Teknologi Sains (Intens) Muhammadiyah, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kolaka Utara, dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kolaka Utara.

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Parinringi, S.E., M.Si menyampaikan, kelompok belanja operasi tahun depan diproyeksikan sebesar Rp 631,65 miliar, yang dialokasikan untuk belanja pegawai Rp 355,95 miliar, belanja barang dan jasa sebesar Rp 258,86 miliar, dan belanja hibah Rp 16,59 miliar.

"Belanja hibah antara lain, hibah untuk Institut Teknologi dan Sains (Intens) Muhammadiyah Kolaka Utara, hibah untuk KONI, dan Hibah untuk KPU," urainya, dalam rapat paripurna DPRD Kolaka Utara dalam rangka penetapan raperda tentang APBD tahun 2023, Senin (28/11/2022).

Pj Bupati Kolaka Utara menyampaikan proyeksi APBD tahun 2023 dalam sidang paripurna DPRD Kolaka Utara. Foto: Muh. Risal H/Telisik

 

Parinringi berharap, pemberian hibah bagi Intens Muhammadiyah Kolaka Utara, ke depan ada feedback bagi masyarakat Kolaka Utara khususnya putra-putri Kolaka Utara yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Baca Juga: Pemkab Kolaka Utara Alokasikan Rp 31,7 Miliar Aspal Jalan Tahun 2023

"Mereka dapat merasakan manfaat dari hibah yang digelontorkan Pemda. Sementara, hibah untuk KONI diperuntukkan antara lain pemberian bonus bagi atlet berprestasi pada ajang Porprov ke-14 di Buton dan Baubau," jelas dia.

Terkait rencana pemberian hibah terhadap Intens Muhammad Kolaka Utara, Fraksi PDI Perjuangan dalam pandangan fraksinya yang disampaikan Drs. Nasir Banna, meminta pemerintah daerah melakukan MoU.

Penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding ini sebagai dasar kerja sama antara Intens Muhammadiyah dengan Pemda.

Baca Juga: Tanah Makam Khusus Kaum Muslim di Manggarai Berpindah

"Olehnya itu, PDI Perjuangan menyarankan untuk pemberian beasiswa kepada masyarakat tak mampu dan berprestasi oleh Intens," ujar Nasir Banna.

Sementara itu, Ketua KONI Kolaka Utara H. Abbas, S.E saat melepas 266 atlet untuk berlaga di Porprov ke-14 di Buton dan Baubau menyampaikan, bonus bagi yang berprestasi tetap disiapkan.

"Pemda bakal menggelontorkan anggaran Rp 1,2 miliar bersumber dari APBD untuk KONI di tahun 2023 mendatang, salah satu peruntukannya untuk bonus para atlet," tukasnya. (A-info)

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga