3 Minuman Ini Bisa Redakan Sakit Kepala

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 23 Desember 2022
0 dilihat
3 Minuman Ini Bisa Redakan Sakit Kepala
Sakit kepala merupakan rasa sakit atau nyeri di kepala yang bisa muncul secara bertahap atau mendadak. Foto: Repro hellosehat.com

" Sakit kepala menjadi kondisi kesehatan yang sering kali dialami seseorang. Untuk mengatasinya, salah satunya adalah dengan konsumsi minuman tertentu "

KENDARI, TELISIK.ID - Sakit kepala menjadi kondisi kesehatan yang sering kali dialami seseorang. Untuk mengatasinya, salah satunya adalah dengan konsumsi minuman tertentu.

Dikutip dari kemkes.go.id, sakit kepala merupakan rasa sakit atau nyeri di kepala yang bisa muncul secara bertahap atau mendadak.

Nyeri akibat sakit kepala dapat muncul di salah satu sisi kepala, terpusat di titik tertentu, atau menyebar hingga ke seluruh bagian kepala.

Banyak cara bisa dilakukan untuk meredakan sakit kepala ini, diantaranya adalah mengonsumsi minuman tertentu.

Baca juga: 8 Hal Penting Saat Memilih Pasangan Hidup Agar Tidak Menyesal

Melansir kompas.com dari berbagai sumber, berikut beberapa jenis minuman herbal yang bisa mengatasi sakit kepala:

1. Perbanyak minum air putih

Melansir Healthline, hidrasi atau menambah asupan cairan penting untuk membantu mengatasi sakit kepala.

Dehidrasi atau kekurangan cairan merupakan salah satu penyebab umum sakit kepala jenis ketegangan dan migrain.

Ketika penderita sakit kepala migrain atau ketegangan yang segera diberi banyak air putih, masalah kesehatan ini bisa segera reda dalam waktu setengah jam sampai tiga jam.

2. Minum teh atau kopi

Untuk sebagian orang yang tidak sensitif dengan kafein, minum kopi atau teh juga bisa membantu menghilangkan sakit kepala secara alami.

Tak hanya minum asupan berkafein, menghirup aroma minuman berkafein seperti teh atau kopi juga dapat membantu meringankan rasa sakit kepala.

Penelitian di Journal of Headache and Pain mengungkapkan, kafein dapat meningkatkan suasana hati, meningkatkan kewaspadaan, dan menyempitkan pembuluh darah, sampai meringankan sakit kepala.

Namun, perlu diingat orang yang terbiasa mengonsumsi kafein lalu tiba-tiba berhenti minum asupan ini juga kerap mengeluhkan rasa sakit kepala. Untuk itu, hindari berlebihan saat mengonsumsi asupan berkafein.

Baca juga: Rekomendasi Kado untuk Hari Ibu sebagai Ungkapan Cinta yang Berkesan

3. Minum seduhan jahe

Jahe mengandung zat antioksidan dan antiperadangan yang potensial untuk membantu mengatasi sakit kepala, terutama jenis migrain.

Tak hanya meredakan sakit kepala, minum seduhan jahe juga membantu mengurangi gejala penyerta migrain dan sakit kepala parah seperti mual sampai muntah.

Agar lebih rileks ketika sakit kepala menyerang, sebelum minum wedang jahe, hirup sejenak wanginya sebelum menyeruput minuman ini.

Nah, itulah beberapa cara alami untuk mengatasi sakit kepala saat menyerang. Namun jika beragam cara  di atas sudah dicoba tapi masalah kesehatan ini tak kunjung sembuh, segera konsultasikan ke dokter. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga