adplus-dvertising

5 Cara Mudah Menghilangkan Sakit Leher, Patut Dicoba

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 23 November 2022
206 dilihat
5 Cara Mudah Menghilangkan Sakit Leher, Patut Dicoba
Sakit leher sangat mengganggu produktivitas kita, maka penting untuk mengetahui cara mengatasi penyakit ini. Foto: Repro Shutterstock

" Salah satu kondisi kesehatan yang sering dialami hampir setiap orang adalah sakit leher. Penyakit satu ini cukup menghambat aktivitas hari-hari, makanya penting untuk mengetahui cara mengatasi sakit leher ketika menyerang kita "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kondisi kesehatan yang sering dialami hampir setiap orang adalah sakit leher. Penyakit satu ini cukup menghambat aktivitas hari-hari, makanya penting untuk mengetahui cara mengatasi sakit leher ketika menyerang kita.

Dikutip dari alodokter.com, sakit leher merupakan rasa sakit yang muncul di leher, bisa di bagian belakang, kiri, kanan, atau leher depan. Sakit leher dapat terjadi akibat otot leher yang tertarik, saraf terjepit, atau pengapuran sendi.

Nyeri tengkuk atau sakit leher umumnya bukan kondisi serius yang perlu diwaspadai. Kondisi ini bisa sembuh dalam beberapa hari atau beberapa minggu tanpa ditangani secara khusus. Meski begitu, sakit leher juga bisa terjadi akibat penyakit tertentu.


Karena kondisi ini sangat mengganggu produktivitas kita, maka penting untuk mengetahui cara mengatasi sakit leher ini, sehingga kitab isa menjalani aktivitas secara maksimal.

Baca Juga: 7 Cara Ini Bisa Mengatasi Nyeri Punggung Tanpa Operasi

Beberapa cara menghilangkan sakit leher yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhannya:

1. Menyesuaikan aktivitas

Kegiatan yang serba sibuk dan padat berkontribusi pada rasa sakit di leher. MedlinePlus merekomendasikan untuk istirahat sejenak selama beberapa hari untuk meredakan sakit yang dirasakan dan mengurangi peradangan.

Beberapa aktivitas fisik juga perlu dihindari untuk sementara, seperti aktivitas yang mengharuskan untuk mengangkat, menarik, meninju, dan membungkuk karena bisa memperburuk sakit leher.

Jika aktivitas tersebut tidak bisa dihindari, pastikan untuk tidak memaksakan diri dan mengurangi intensitasnya agar rasa sakit di leher bisa berkurang.

2. Mengaplikasikan kompres hangat dan dingin

Sakit leher yang dibarengi dengan pembengkakan perlu diatasi dengan pengaplikasian kompres hangat dan dingin.

WebMD menjelaskan bahwa kompres dingin dengan menggunakan air es bisa diaplikasikan setelah 24 hingga 48 jam setelah rasa sakit muncul untuk meredakan pembengkakan.

Kompres air hangat kemudian bisa diaplikasikan setelahnya untuk mengendurkan otot dan mengurangi ketegangan.

Mengaplikasikan salah satunya juga diperkenankan, namun perlu diperhatikan untuk tidak menempelkannya di leher yang sakit selama lebih dari 20 menit.

Pastikan juga untuk menggunakan handuk untuk membungkus es atau penghangat yang digunakan sebelum menempelkannya di kulit leher untuk menghindari iritasi.

3. Melakukan gerakan peregangan

Melakukan gerakan peregangan tidak hanya bisa membuat tubuh lebih fleksibel, tetapi juga bisa meringankan sakit di leher. Peregangan bisa dilakukan setelah mengaplikasikan kompres hangat pada leher atau setelah mandi dengan menggunakan air hangat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Melakukan peregangan setiap hari juga disarankan agar terhindar dari sakit leher di kemudian hari.

4. Berolahraga

Sakit leher membuat banyak orang tidak ingin melakukan aktivitas fisik dan hanya ingin beristirahat. Namun ternyata, berada di posisi yang sama dalam waktu lama akan menambah rasa sakit di leher.

Pastikan untuk melakukan aktivitas fisik selama setidaknya 30 menit untuk meredakan sakit leher dan membuat tubuh lebih sehat. Selain itu, berolahraga juga disarankan karena merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk menyembuhkan sakit leher.

Jenis olahraga yang bisa dilakukan adalah olahraga aerobik, seperti berjalan atau bersepeda.

Baca Juga: Deretan Tips Cegah Pembobolan Rekening Bank

5. Mengubah postur tubuh

Postur tubuh yang tidak baik bisa menjadi salah satu penyebab leher sakit. Pastikan untuk mengubah postur tubuh, baik ketika duduk, berdiri, berbaring atau bahkan ketika mengangkat barang.

Posisi leher dan kepala harus sejajar untuk mengurangi ketegangan otot dan ligamen sehingga terhindar dari sakit leher.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi leher yang sedang terasa sakit. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga