3 Tips Jitu Kurangi Stres Saat Kerja di Kantor

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 31 Januari 2023
0 dilihat
3 Tips Jitu Kurangi Stres Saat Kerja di Kantor
Stres kerja dapat menyebabkan kesehatan yang buruk dan bahkan cedera. Foto: google.com

" Salah satu masalah yang seringkali menyerang seseorang saat bekerja adalah stress. Hal ini memang wajar terjadi, tapi tetap harus dihindari agar bekerja lebih produktif "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu masalah yang seringkali menyerang seseorang saat bekerja adalah stress. Hal ini memang wajar terjadi, tapi tetap harus dihindari agar bekerja lebih produktif.

Pada umumnya, dikutip dari Kompas.com, stres kerja merupakan respon fisik dan emosional yang berbahaya yang terjadi ketika pekerjaan tidak sesuai dengan kemampuan, sumber daya, atau kebutuhan pekerja.

Stres kerja dapat menyebabkan kesehatan yang buruk dan bahkan cedera. Sebuah survei baru-baru ini oleh NorthwesternNational Life mengungkapkan, sekitar 40% pekerja melaporkan bahwa pekerjaan mereka sangat menegangkan.

Baca Juga: 5 Tips Hindari Modus Penipuan di Internet

Dalam survei lain oleh Universitas Yale, 29% pekerja melaporkan merasakan stres yang ekstrem karena pekerjaan mereka.

Olehnya itu, perlu untuk mengetahui cara yang dapat membantu mengatasi stres saat bekerja di kantor.

Melansir yoursay.id, berikut beberapa tips praktis yang dapat membantu mengatasi stres saat kerja di kantor:

1. Ubah stres menjadi energi yang positif

Sebaiknya jangan pernah menghindar dari situasi atau tantangan yang datang. Setiap kali merasa stres, cobalah untuk berpikir positif dan mengubah energi negatif menjadi positif.

Percayalah bahwa setiap pekerjaan yang ada pasti bisa diselesaikan tepat waktu dengan usaha dan kerja kerasmu.

Hal tersebut akan membantumu mengatasi stres dan membuatmu lebih percaya diri dalam menyelesaikan pekerjaan.

Jangan takut untuk menghadapi situasi dan buktikan pada diri sendiri bahwa kamu mampu mengatasi setiap tantangan yang ada.

2. Buat rencana pekerjaan

Untuk memastikan kinerja lebih efisien dan terbebas dari tekanan stres, ada baiknya kamu menyusun jadwal pekerjaan secara detail dan membagi tugas ke dalam beberapa kategori.

Hal ini dilakukan untuk memprioritaskan tugas-tugas penting dan mengelola waktu dengan lebih efektif.

Selain itu, membagi tugas ke dalam beberapa kategori juga dapat mengurangi kebuntuan dan kamu bisa fokus pada satu tugas dalam satu waktu, sehingga kamu dapat menyelesaikan tugas dengan lebih cepat dan mengurangi tingkat stres.

Cara ini dinilai efektif dalam membuat pekerjaan kamu lebih teratur dan membantu terhindar dari tekanan  yang memicu stres di kantor.

3. Bentuk pola pikir dan perspektif penuh syukur

Untuk meningkatkan kinerja dan mengatasi masalah dalam bekerja, usahakan untuk terus melatih pola pikir positif dan memperluas perspektifmu.

Baca Juga: Buat Skripsi? Ini 4 Rekomendasi Situs Web untuk Bahan Referensi Kamu

Jangan lupa untuk selalu bersyukur atas pekerjaan yang kamu kerjakan dan jangan memandang pekerjaan sebagai beban, tapi cobalah melihatnya sebagai tantangan yang membuatmu menjadi lebih baik.

Hal ini akan membantumu mengatasi kesulitan dengan lebih efektif dan membuatmu merasa lebih bahagia dalam bekerja.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa membantu kamu agar terhindar dari stres saat bekerja di kantor. Dengan begitu, kamu bisa lebih produktif saat bekerja untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga