4 Fakta Menarik Migrasi Kepiting Merah di Christmas Island

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 18 November 2022
0 dilihat
4 Fakta Menarik Migrasi Kepiting Merah di Christmas Island
Terdapat beberapa fakta menarik migrasi kepiting merah yang berada di Australia, salah satunya merupakan hewan endemik di pulau ini. Foto: Repro Void.id

" Kepiting merah rutin bermigrasi pada momen tertentu. Ada beberapa hari di mana kepiting merah biasa muncul, sehingga di momen inilah para turis datang "

SYDNEY, TELISIK.ID - Christmas Island (Pulau Natal) yang berada di Australia, pulau ini terkenal dengan kepiting merah yang selalu berimigrasi di bulan-bulan tertentu.

Tak sedikit warga di pulau ini mendapatkan tontontan yang memukau karena bisa menyaksikan jutaan kepiting merah bermunculan dari tengah pulau itu untuk melakukan perjalanan migrasi tahunan ke lepas pantai Australia Barat.

Sebelum menelusuri lebih jauh, berikut ini beberapa fakta menarik kepiting merah yang berada di Christmas Island (Pulau Natal) yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Sering disangka milik Indonesia

Mengutip Wikipedia.com, pulau ini terletak 360 km dari selatan Pulau Jawa dan 1.400 km barat laut dari Australia. Wilayah pulau ini terletak di dekat Pulau Jawa, tepatnya di sebelah barat daya Pulau Jawa yang beriklim tropis. Lokasinya yang berdekatan dengan Pulau Jawa ini kerap kali membuatnya disangka milik Indonesia. Padahal ini milik Australia.

Baca Juga: Wanita Korea Utara Dilarang Pakai Pembalut, Diganti dengan Kain Ini

2. Migrasi hanya terjadi di bulan tertentu

Dilansir dari Sindonews.com, kepiting merah rutin bermigrasi pada momen tertentu. Ada beberapa hari di mana kepiting merah biasa muncul, sehingga di momen inilah para turis datang, yakni 19-21 November 2022 dan 18-20 Desember 2022.

3. Pemerintah sediakan akses migrasi kepiting merah

Saat proses migrasi, beberapa ruas jalan yang menjadi jalur migrasi kepiting merah ini ditutup bahkan sudah puluhan tempat penyeberangan khusus dibuat demi memudahkan migrasi hewan ini.

Baca Juga: Ilmuwan Prediksi Gletser di Yellowstone Akan Hilang di Masa Depan

Jembatan setinggi 5 meter tersebut dirancang agar ribuan kepiting bisa menyeberang jalan dengan aman. Bisa dilihat dari bentuknya yang sedikit miring, dan memiliki pijakan agar kaki-kaki kepiting bisa memanjat. Akibat dari migrasi ini, banyak turis dari berbagai belahan dunia datang hanya untuk melihat kepiting merah menyeberang jalan.

4. Hewan endemik

Melansir Voaindonesia.com, Kepiting Merah Australia atau yang bernama latin Gecarcoidea natalis merupakan hewan endemik yang hanya ada di pulau ini. Keberadaan mereka dilindungi oleh hukum untuk dipertahankan kelestariannya. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga