Ilmuwan Prediksi Gletser di Yellowstone Akan Hilang di Masa Depan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 16 November 2022
0 dilihat
Ilmuwan Prediksi Gletser di Yellowstone Akan Hilang di Masa Depan
Akibat perubahan iklim, sepertiga dari gletser dunia seperti beberapa Situs warisan dunia UNESCO, termasuk Yellowstone dan Taman Nasional Kilimanjaro akan hilang seluruhnya pada tahun 2050. Foto: Repro Ik-pt.ru

" Gletser kehilangan 58 miliar ton es per tahun, atau sekitar lima persen dari kenaikan permukaan laut "

INGGRIS, TELISIK.ID - Akibat perubahan iklim, sepertiga dari gletser dunia seperti beberapa Situs Warisan Dunia UNESCO, termasuk Yellowstone dan Taman Nasional Kilimanjaro akan hilang seluruhnya pada tahun 2050.

Mengutip Riau24.com, sebuah survei terhadap 18.600 gletser di 50 Situs Warisan Dunia, dengan total lebih dari 66.000 kilometer persegi (25.000 mil persegi), menyimpulkan bahwa gletser di sepertiga situs diperkirakan akan binasa.

Menurut Environmental Protection Agency (disingkat EPA) atau Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat, gletser kehilangan 58 miliar ton es per tahun, atau sekitar lima persen dari kenaikan permukaan laut yang dilaporkan, yang sama dengan total permintaan air tahunan Prancis dan Spanyol.

Dikutip dari Sindonews.com, sebuah laporan dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menyatakan bahwa pengurangan signifikan dalam emisi karbon dioksida (CO2) dapat menyelamatkan sebagian besar gletser dunia jika pemanasan global tidak melebihi 1,5 derajat celcius pada tahun 2050.

Baca Juga: Mayat Dijadikan Kompos, Eternal Reefs Tawarkan Pemakaman Aneh di Dunia

Baca Juga: Cantiknya Istri Presiden Korea Selatan di Usia 50 Tahun, Bukan Orang Sembarangan

Melansir Tempo.co, permasalahan mencairnya gletser ini bisa serius. Bukan sekadar lanskap yang luar biasa akan terlihat berbeda. Gletser yang mencair juga bisa sangat berbahaya, mulai dari longsoran salju hingga banjir massal.

Pada titik ini, UNESCO menyatakan hanya ada satu solusi nyata, yaitu mengurangi emisi karbon. Badan itu memperingatkan dan mendesak negara-negara untuk mengambil tindakan segera untuk melindungi gletser yang tersisa. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga