Deretan Aset Puluhan Triliun Donald Trump Terafiliasi dengan Konglomerat Tanah Air

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 17 Juli 2024
0 dilihat
Deretan Aset Puluhan Triliun Donald Trump Terafiliasi dengan Konglomerat Tanah Air
Mantan Presiden Amerika, Donald Trump ternyata sudah melebarkan bisnisnya di Indonesia. Foto: Repro Reuters

" Mantan Presiden Amerika Serikat sekaligus miliarder, Donald Trump, tengah menjadi sorotan setelah insiden penembakan saat ia berkampanye. Ternyata, Trump memiliki bisnis dengan berbagai merek dagang di Indonesia "

JAKARTA, TELISIK.ID - Mantan Presiden Amerika Serikat sekaligus miliarder, Donald Trump, tengah menjadi sorotan setelah insiden penembakan saat ia berkampanye. Ternyata, Trump memiliki bisnis dengan berbagai merek dagang di Indonesia.

Donald Trump menghadiri Konvensi Nasional Partai Republik (RNC) di Milwaukee, Wisconsin pada Senin, 15 Juli 2024. Ini adalah penampilan pertamanya di depan umum setelah insiden penembakan di acara kampanye pada akhir pekan lalu.

Pada penampilan perdananya, daun telinga Trump terlihat diperban akibat terkena peluru. Dalam acara itu, Trump juga secara resmi dicalonkan menjadi calon presiden Amerika Serikat dari Partai Republik. Tak hanya itu, Trump juga mengumumkan Senator JD Vance dari Ohio sebagai calon wakil presidennya, seperti dilansir dari CNBC Indonesia, Rabu (17/7/2024).

Trump Organization, melalui berbagai perusahaan dan kemitraan konstituennya, memiliki atau pernah memiliki kepentingan dalam pengembangan real estat, investasi, perantara, penjualan dan pemasaran, serta manajemen properti.

Entitas Trump Organization memiliki, mengoperasikan, berinvestasi dalam, dan mengembangkan real estat perumahan, hotel, resor, menara perumahan, dan lapangan golf di berbagai negara.

Baca Juga: Unik, Seorang Nenek 17 Cucu Punya Bayi dari Suami Terpaut 37 Tahun

Mereka juga beroperasi atau pernah beroperasi dalam konstruksi, perhotelan, kasino, hiburan, penerbitan buku dan majalah, media penyiaran, manajemen model, ritel, layanan keuangan, makanan dan minuman, pendidikan bisnis, perjalanan daring, penerbangan komersial dan swasta, serta kontes kecantikan.

Entitas Trump Organization juga memiliki perusahaan produksi televisi New York yang memproduksi waralaba televisi realitas The Apprentice. Operasi ritel meliputi atau pernah meliputi pakaian mode, perhiasan dan aksesori, buku, perabotan rumah, produk lampu, tekstil dan aksesori kamar mandi, perlengkapan tidur, produk pewangi rumah, barang-barang dari kulit kecil, vodka, anggur, peralatan bar, steak, cokelat batangan, dan air mineral dalam kemasan.

Karena laporan keuangan kepemilikan Trump Organization dan pengembalian pajak pribadi Donald Trump bersifat pribadi, nilai sebenarnya tidak diketahui publik, meskipun berbagai perkiraan telah dibuat. Trump telah merilis sedikit dokumentasi keuangan definitif untuk mengonfirmasi klaim valuasinya.

Pada beberapa kesempatan, Trump telah dituduh sengaja menggelembungkan valuasi properti Trump Organization melalui lobi agresif terhadap media untuk meningkatkan kekayaan bersihnya.

Selain dikenal sebagai politikus, Donald Trump juga dikenal sebagai seorang pengusaha real estate. Daftar bisnisnya pernah dimuat dalam laporan Trump Financial Disclosure yang disampaikan kepada Komisi Pemilihan Umum Federal (Federal Election Commission) pada Juli 2015 dan Mei 2016 silam. Unit usaha Trump tersebar di seluruh penjuru dunia, mulai dari Panama, Irlandia, Skotlandia, Azerbaijan, hingga Indonesia.

Dalam laporan Trump Financial Disclosure tersebut, terungkap ada empat perusahaan Donald Trump yang memiliki keterangan mempunyai transaksi dengan unit usaha PT MNC Land Tbk (KPIG), yakni PT Lido Nirwana Parahyangan dan PT Bali Nirwana Resort. MNC Land merupakan unit usaha MNC Group milik konglomerat Hary Tanoesoedibjo.

MNC Land pernah menggandeng Trump Hotel Collection untuk mengembangkan kawasan resor terintegrasi dengan taman hiburan di Lido, Jawa Barat, dan kawasan nirwana resor di Tanah Lot, Bali. Megaproyek yang diberi nama MNC Lido City dan Bali Nirwana Resort tersebut direncanakan membutuhkan total nilai investasi sekitar Rp 20 triliun, bersumber dari Tempo.

Terdapat belasan perusahaan Donald Trump yang namanya terasosiasi dengan Indonesia, tetapi penjelasannya tidak rinci. Semua perusahaan tersebut terdaftar di New York, yang sebagian berstatus LLC atau limited liability company dan sebagian lain berstatus corporation atau korporasi.

Baca Juga: DJKI dan CIPO Perkuat Kerja Sama Bilateral di Bidang KI

Berikut beberapa aset Donald Trump di Indonesia.

DT Marks Lido LLC

Perusahaan Donald Trump ini memiliki perjanjian lisensi dengan PT Lido Nirwana Parahyangan, Indonesia. Berlokasi di New York, jenis pendapatan dari perusahaan ini adalah royalti, dengan jumlah mencapai US$ 1-5 juta.

DT Lido Technical Services Manager LLC

Perusahaan ini juga memiliki perjanjian manajemen dengan PT Lido Nirwana Parahyangan, Indonesia. Dengan jenis pendapatan management fee, perusahaan yang berlokasi di New York ini memiliki jumlah pendapatan sekitar US$ 83.333.

DT Marks Bali LLC

DT Marks Bali LLC memiliki perjanjian lisensi dengan PT Bali Nirwana Resort. Berlokasi di New York, jumlah pendapatan royaltinya mencapai US$ 1-5 juta.

DT Bali Technical Services Manager LLC

Perusahaan ini mempunyai perjanjian manajemen dengan PT Bali Nirwana Resort. Jumlah pendapatannya mencapai US$ 83.333 dari jenis pendapatan management fee.

Selain keempat perusahaan itu, terdapat 12 perusahaan lain milik Donald Trump yang terasosiasi dengan Indonesia. Namun, tidak ada informasi lebih lanjut mengenai perusahaan-perusahaan tersebut. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga