4 Negara Ini Larang Penduduknya Merokok

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 16 Februari 2023
0 dilihat
4 Negara Ini Larang Penduduknya Merokok
Meski banyak dampak bahayanya, ternyata merokok masih menjadi kebiasaan yang sebagian orang lakukan setiap hari. Foto: Repro google.com

" Merokok menjadi kebiasaan yang sebagian orang lakukan setiap hari. Namun ternyata ada negara yang melarang penduduknya merokok "

KENDARI, TELISIK.ID - Merokok menjadi kebiasaan yang sebagian orang lakukan setiap hari. Namun ternyata ada negara yang melarang penduduknya merokok.

Dikutip dari alodokter.com, bahaya merokok bagi kesehatan tubuh tidak perlu diragukan lagi. Berbagai penyakit berbahaya dapat disebabkan oleh kebiasaan buruk ini.

Tak hanya perokok aktif, rokok juga berbahaya bagi siapa pun yang menghirup asapnya atau perokok pasif.

Setiap rokok yang Anda hisap bisa meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, masalah kesuburan, dan gangguan pada paru-paru, misalnya PPOK dan kanker paru-paru. 

Bahkan merokok juga meningkatkan risiko terjadinya komplikasi pascaoperasi berupa hernia insisional.

Meski demikian, ternyata merokok masih menjadi kebiasaan yang sebagian orang lakukan setiap hari. Tapi ternyata ada negara yang melarang penduduknya merokok.

Baca Juga: 6 Rekor Seputar Seks: Ada Masturbasi Terlama Hampir 10 Jam

Melansir yoursay.id dari The Guardian, berikut beberapa negara yang melarang untuk merokok:

1. Irlandia

Negara yang menerapkan larangan merokok selanjutnya adalah Irlandia, bahkan penduduk di Irlandia tidak bisa dengan bebasnya merokok di area bebas karena akan diberikan denda.

Aturan larangan merokok yang diterapkan sudah berlaku sejak tahun 2004, tujuannya agar jumlah perokok bisa semakin berkurang.

2. Selandia Baru

Negara yang menerapkan aturan larangan merokok bagi para penduduknya adalah Selandia Baru.

Aturan yang dibuat adalah bagi anak-anak yang lahir pada tahun 2008 ke atas tidak diizinkan untuk membeli rokok. Tujuan diterapkannya aturan ini adalah untuk mengurangi jumlah perokok setiap tahunnya.

Mengingat begitu banyaknya orang-orang yang susah menahan diri untuk tidak merokok, bahkan toko yang menjual rokok saja akan dikurangi. Bila sebelumnya toko yang menjual rokok sebanyak 6000 kini berkurang menjadi 600 saja.

3. Singapura

Negara tetangga dari Indonesia yaitu Singapura mempunyai aturan yang ketat bagi para penduduknya yang ingin merokok. Di Singapura, kamu tidak bisa merokok di berbagai tempat karena akan ada banyak tempat yang melarang untuk merokok. Bahkan harga rokok di Singapura saja bisa dikatakan sangat mahal.

Baca Juga: Deretan Negara Pusat Gempa, Ada Indonesia

4. Kosta Rika

Dari sekian banyak negara, Kosta Rika termasuk negara hebat yang berani melakukan tindakan larangan merokok agar lebih banyak lagi orang yang sehat.

Aturan yang diterapkan Kosta Rika memang sangat ketat, sehingga perokok tidak bisa bertindak sesuka hati karena akan ada denda yang diberikan jika ada penduduk yang tetap merokok.

Ketatnya aturan larangan merokok membuat orang-orang jadi kesulitan untuk merokok sehingga jumlah perokok terus berkurang di Kosta Rika.

Nah, itulah beberapa negara yang melarang penduduknya untuk merokok. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga