Bukan Main, Segini Jumlah Uang Tunai Dipegang Elon Musk

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 17 Agustus 2022
0 dilihat
Bukan Main, Segini Jumlah Uang Tunai Dipegang Elon Musk
Bos Tesla dan SpaceX, Elon Musk, sudah cukup lama jadi orang terkaya di dunia. Foto: Repro MNC Media

" Kekayaan pria berusia 51 tahun ini bahkan diperkirakan melebihi Pendapatan Domestik Bruto (PDB) dari negara seperti Finlandia dan Kolombia "

JAKARTA, TELISIK.ID - Siapa yang tidak kenal dengan Elon Musk, seorang bos Tesla dan SpaceX yang sudah cukup lama jadi orang terkaya di dunia.

Bahkan diketahui hartanya di kisaran USD 250 miliar, namun sebagian besar dalam bentuk saham.

Dikutip dari idxchennel.com, kekayaan pria berusia 51 tahun ini bahkan diperkirakan melebihi Pendapatan Domestik Bruto (PDB) dari negara seperti Finlandia dan Kolombia.

Nilai kekayaannya juga lebih besar 3 kali lipat dibanding nilai kekayaan sang pendiri Facebook, Mark Zuckerberg yang saat ini tercatat memiliki harta sebesar USD67,3 miliar. 

Pada bulan April ketika hendak membeli Twitter, dia juga menguangkan sebagian sahamnya di Tesla sehingga total saat ini, uang dari saham itu senilai USD 15 miliar.

Baca Juga: Ini Sosok Pencipta Mi Instan Pertama di Dunia, Berawal dari Krisis Pangan

Menurut penelitian Bloomberg, dikombinasi dengan data lainnya, jumlah uang tunai yang dipegang Elon Musk saat ini adalah sekitar USD 18,1 miliar. Jika dirupiahkan, maka angka tersebut berada di kisaran Rp 267 triliun.

Adapun tujuannya menjual saham Tesla adalah sebagai antisipasi jika dia kalah di pengadilan dan harus membeli Twitter.

"Dalam peristiwa yang semoga tidak terjadi, di mana Twitter memaksakan deal ini, penting untuk menghindari penjualan saham darurat Tesla," tulis Elon Musk di Twitter, dikutip dari Detik.com.

Memang salah satu sumber utama kekayaan Musk adalah kepemilikan sahamnya di perusahaan mobil listrik Tesla, di mana dia juga adalah sang CEO. Elon Musk adalah pemegang saham tunggal terbesar Tesla dengan kepemilikan 17%.

Kemudian sumber penghasilan kedua Elon Musk adalah dari perusahaan pesawat luar angkasa SpaceX yang saat ini adalah salah satu perusahaan privat paling bernilai. Nilai SpaceX diperkirakan USD 100 miliar saat ini.

Baca Juga: Curi Istri Orang Dianggap Hal Biasa di Negara Ini, Sudah Jadi Perayaan

Elon Musk punya sekitar 48% saham di SpaceX, yang turut menyumbang bagian besar dari hartanya.

Kabarnya, dengan semua kekayaan itu, Elon Musk memilih tinggal di rumah kontrakan.

"Bro (Elon Musk) tidak hidup seperti seorang miliarder. Bro hidupnya terkadang di bawah garis kemiskinan," kata mantan kekasihnya penyanyi Grimes yang dikutip detikINET dari Daily Mail, Rabu (17/8/2022). (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga