4 Tanda Berhasil Dapat Lailatul Qadar

Haidir Muhari, telisik indonesia
Senin, 10 Mei 2021
0 dilihat
4 Tanda Berhasil Dapat Lailatul Qadar
Ilustrasi malam lailatul qadar. Foto: Repro Cnnindonesia.com

" Malam lailatul qadar adalah malam agung yang penuh keberkahan. Orang yang berhasil mendapatkan lailatul qadar akan nampak dalam sikap dan perilakunya. "

KENDARI, TELISIK.ID - Lailatul Qadar adalah malam istimewa pada bulan Ramadan yang tak semua muslim mendapatkannya.

Lailatul Qadar disebut sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Hal ini seperti tertuang pada firman Allah dalam Al-Qur'an surat ke-97, Al-Qadr, ayat 1-5.

“Sesungguhnya Kami menurunkan Al-Qur’an pada malam Lailatul Qadar, tahukah engkau apakah malam Lailatul Qadar itu? Malam Lailatul Qadar itu lebih baik dari seribu bulan, pada malam itu turunlah malaikat-malaikat dan Jibril dengan izin Allah Tuhan mereka (untuk membawa) segala urusan, selamatlah malam itu hingga terbit fajar.”

Terkait kapan turunnya Lailatul Qadar, pendapat mayoritas ulama adalah pada sepuluh malam terakhir. Hal ini seperti hadis Nabi SAW dari Aisyah RA, dilansir dari almanhaj.or.id.

“Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan.” (HR. Al-Bukhari 4/225 dan Muslim 1169).

Atau juga hadis Nabi Muhammad SAW dari Ibnu Umar RA. Artinya berikut ini.

“Carilah di sepuluh hari terakhir, jika tidak mampu maka jangan sampai terluput tujuh hari sisanya.” (HR. Al-Bukhari 4/221 dan Muslim 1165).

Baca juga: Menjual Hasil Pemberian Zakat Fitrah, Bolehkah?

Malam lailatul qadar adalah malam agung yang penuh keberkahan. Orang yang berhasil mendapatkan lailatul qadar akan nampak dalam sikap dan perilakunya.

Beberapa ciri orang yang mendapatkan lailatul qadar, seperti dilansir dari Suara.com jaringan Telisik.id, sebagai berikut.

1. Berupaya jadi pribadi yang lebih baik

Orang yang mendapat Lailatul Qadar akan berusaha menjadi pribadi yang lebih baik dalam hubungan dengan Allah SWT, dan manusia. Menjadi sosok yang lebih baik dalam ibadah dan amal salih (sosial).

Karena itu, keimanannya bisa semakin dalam. Akan lebih rajin dalam sedekah, menjauhi gibah. Ia juga mampu mengendalikan diri dan lebih bertoleransi pada orang lain, tidak peduli status, golongan, ras, suku, dan agama.

2. Merasa ibadah belum maksimal

Meskipun dia tidak pernah melewatkan dan konsisten melaksanakan salat wajib bahkan salat sunah (rawatib), ia akan tetap merasa kurang dalam ibadah.

Karena itu, maka ia akan selalu merasa tidak ada apa-apanya, dibandingkan dengan rahmat dan kekuasaan Allah SWT. Ia menyadari bahwa nikmat Allah jauh lebih banyak dan tak bisa dihitung dengan apapun.

Baca juga: Ini 5 Manfaat Menjalin Silaturahim

3. Rendah hati

Orang yang mendapatkan Lailatul Qadar akan jauh dari sifat sombong dan selalu rendah hati. Ini merupakan sikap yang lahir dari kesadaran nurani yang terdalam.

Perilaku tersebut, ia tunjukan tidak hanya kepada yang memiliki status atau jabatan yang lebih tinggi darinya. Termasuk juga kepada sesama, atau bahkan orang yang lebih rendah status sosial atau jabatannya.

4. Wajah nampak bercahaya

Orang yang mendapatkan Lailatul Qadar akan memiliki aura atau pancaran dari dalam yang tidak bisa direkayasa dengan riasan. Pancaran itu tidak biasa, memancar dan tampak bercahaya.

Selain empat ciri-ciri di atas, ada beberapa ciri lain bagi orang yang berhasil meraih malam kemuliaan itu:

- Melihat semua dengan terang di kegelapan malam.

- Ia seolah dapat melihat seluruh benda dan makhluk di bumi bersujud hanya kepada Allah SWT.

- Bisa mendengar suara malaikat dan semua tutur katanya.

- Terkabul semua doa-doanya.

- Merasakan kedamaian, kekhusyukan yang luar biasa. (C)

Reporter: Haidir Muhari

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga