Ini Niat dan Tata Cara Mandi Sebelum Berpuasa Ramadan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 09 Maret 2024
0 dilihat
Ini Niat dan Tata Cara Mandi Sebelum Berpuasa Ramadan
Salah satu amalan yang disunahkan dalam memasuki bulan puasa Ramadan adalah mandi sunah. Foto: Repro freepik.com/darkstoker87

" Sebenarnya saat bulan puasa memang ada anjuran mandi, tetapi bukan mandi wajib, melainkan mandi sunah yang dianjurkan pada setiap malam bulan puasa "

KENDARI, TELISIK.ID - Menjelang hari pertama puasa Ramadan, banyak keluarga Muslim yang mempersiapkan ritual mandi, yaitu niat mandi puasa Ramadan. Tak terkecuali pria, wanita, bahkan anak-anak, semuanya menjalankan niat mandi puasa Ramadan ini.

Dikutip dari baznas.go.id, sebenarnya saat bulan puasa memang ada anjuran mandi, tetapi bukan mandi wajib, melainkan mandi sunah yang dianjurkan pada setiap malam bulan puasa. 

Seperti yang dijelaskan dalam kitab Hasyiyah al-Bajuri (1/81), "Dan sisa mandi-mandi yang disunahkan telah disebutkan dalam kitab-kitab yang panjang pembahasannya di antaranya membersihkan badan karena hendak memasuki kota Madinah, ..., dan setiap malam di bulan Ramadan. Imam Al-Adzrai hanya membatasi pada orang yang hendak menghadiri berjemaah, sementara menurut pendapat yang kuat tidak ada pembatasan dalam hal itu."

Jadi, tidak ada keharusan untuk mandi wajib menjelang puasa di bulan Ramadan karena tidak ada rukun atau syaratnya.

Tapi jika dilakukan pun tidak ada salahnya. Karena dengan melakukan mandi sebelum puasa Ramadan, akan menambah kekhususan umat menjelang masuknya bulan Ramadan. 

Melansir dari situs NU Online, berikut adalah niat yang bisa Anda baca sebelum melakukan mandi wajib sebelum puasa di bulan Ramadan.

Baca Juga: Simak Bacaan Doa Sambut Ramadan dalam Bahasa Latin dan Artinya

Nawaitu ada’al ghuslil masnuuni li fi hadzihil lailatil min romadh lillâhi ta’aalaa.

Artinya, “Aku berniat menjalankan mandi yang disunnahkan kepadaku pada malam ini di bulan Ramadan karena Allah Ta’ala.”

Tata cara mandi sebelum puasa Ramadan adalah sebagai berikut:

1. Membaca niat mandi wajib

Niat di sini adalah bagian yang wajib dilakukan, karena ini menandakan bahwa mandi yang dilakukan adalah untuk tujuan menjalankan ibadah puasa Ramadan.

2. Mencuci kedua tangan

Setelah membaca niat, cuci tangan sebanyak tiga kali untuk memastikan tangan bersih dari najis sebelum digunakan untuk mandi.

3. Membersihkan bagian tubuh yang kotor

Salah satu bagian tubuh yang harus dibersihkan secara menyeluruh adalah area kemaluan, karena di sinilah banyak kotoran yang dapat menempel.

4. Mencuci kedua tangan kembali

Setelah membersihkan bagian tubuh yang kotor, cuci kembali kedua tangan sebelum digunakan untuk membersihkan bagian tubuh lainnya.

5. Wudhu

Lakukan wudhu sesuai dengan tata cara biasa, dimulai dengan niat, membasuh kedua tangan, dan diakhiri dengan mencuci kedua kaki.

Baca Juga: Catat, Ini 9 Amalan Sunah di Bulan Ramadan

6. Basahi kepala

Siram atau basahi bagian kepala dengan air sebanyak tiga kali hingga basah merata hingga ke pangkal rambut.

7. Bersihkan rambut

Pastikan untuk menyeka setiap bagian rambut dengan tangan. Hal ini sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW kepada Ummu Salamah tentang menjaga kebersihan rambut saat mandi.

8. Bersihkan seluruh tubuh

Basahi seluruh tubuh layaknya mandi biasa, dimulai dari sisi kanan dan dilanjutkan ke sisi kiri.

Dengan mengikuti tata cara mandi sebelum puasa Ramadan ini, diharapkan ibadah puasa kita menjadi lebih sempurna dan mendapat ridha dari Allah SWT. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga